Latest News
Wednesday, July 1, 2015

Tips Tetap Sehat Saat Berpuasa Untuk Calon Pengantin

Foto: copyright thinkstockphotos.com
RADAR INDONESIA NEWS.COM, JAKARTA - Mempersiapkan pernikahan selama bulan puasa bukanlah sesuatu yang mudah. Di tengah jadwal konsultasi dengan wedding planner, fitting gaun pengantin, hingga menentukan dekorasi pernikahan, Anda tetap perlu menjaga stamina tubuh.
 
Kunci keberhasilan untuk menjaga kesehatan Anda selama menjalankan ibadah puasa adalah dengan memilih makanan yang tepat di saat sahur dan berbuka puasa. Dan juga, beristirahat yang cukup adalah kebutuhan yang wajib dilakukan. Berikut adalah beberapa tips yang penting untuk Anda simak:
  • Jangan melewatkan sahur

    Memang tidaklah mudah untuk bangun lebih dini saat Anda sedang dalam tidur yang nyenyak. Namun, makan sahur merupaka hal paling penting untuk asupan enrgi untuk Anda. Jadi, usahakan untuk tidak melewatkan makan sahur Anda. Jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi makanan bergizi dan melengkapinya dengan cairan yang kaya akan vitamin seperti buah-buahan, jus buah, atau minuman berisotonik agar Anda memiliki energi konstan sepanjang hari. Contoh nutrisi yang baik saat makan sahur adalah telur pada roti, oatmeal, sereal, dan kentang serta kacang-kacangan. Untuk melengkapi kebugaran tubuh, menutup sahur Anda sebaiknya minum segelas susu atau mengkonsumsi multivitamin. Hindari makanan berlemak dan banyak mengandung gula, mengkonsumsi makanan tipe ini akan menurunkan energi Anda.
  • Batasi aktivitas Anda

    Anda harus mulai membatasi aktivitas luar ruang, terutama jika cuaca yang terlalu panas. Jika memungkinkan, Anda bisa rehat sejenak dengan tidur untuk mengembalikan energi tubuh ketika akan makan sahur dan sebelum buka puasa tiba, Anda juga bisa melakukan latihan ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda keliling komplek sehingga peredaran darah akan lancar.
  • Berbuka dengan yang manis

    Sebuah hal yang lumrah jika Anda akan memiliki selera makan yang besar saat waktu berbuka puasa tiba. Tapi, Anda harus ingat, makan berlebihan hanya akan membuat tubuh Anda kekenyangan dan itu bukan yang Anda inginkan, bukan? Anda dapat berbuka puasa dengan sesuatu yang memiliki rasa manis namun rendah kalori, seperti kurma, jus buah, atau sekadar air putih. Kurma merupakan makanan yang penting selama melakukan ibadah puasa karena kurma merupakan sumber gula alami. Gula berubah cepat menjadi energi di tubuh dan kurma dapat membantu menggantikan energi yang terkuras selama seharian beraktifitas. Untuk makan malam, Anda dapat mengkonsumsi karbohidrat seperti nasi dengan lauk ayam dan jangan lupa minum air putih setidaknya 5 gelas sebelum tidur untuk menjadi tubuh tetap terhidrasi.
Demikian tiga tips agar Anda tetap segar dan sehat selama menjalankan puasa, semoga bermanfaat./[vem]
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Tips Tetap Sehat Saat Berpuasa Untuk Calon Pengantin Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com