Latest News
Tuesday, October 20, 2015

Sastra Lisan Betawi Khazanah Budaya Bangsa

Teks Foto : Peserta Pelatihan Seni Sastra Lisan Betawi Tingkat Dasar. (Ahmad Jalaludin/radarindonesianews.com)

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA - Sastra Lisan Betawi adalah salah satu khazanah budaya bangsa yang menjadi suatu kewajiban kita semua untuk membina, mengembangkan, , serta memanfaatkan sehingga menjadikan sesuatu yang
penuh dengan makna.

Dalam rangka upaya meningkatkan pembinaan dan pengembangan seni bagi pelaku, Unit Pengelola Pusat Pelatihan Seni Budaya menyelenggarakan Pelatihan Seni Sastra Lisan Betawi Tingkat Dasar pada tanggal 19-30 Oktober 2015 waktu 09.00 s.d 15.00 WIB bertempat di Satuan Pelayanan
Latihan Seni Budaya, Jl. Asem Baris No. 100 Kebon Baru Jakarta Selatan.

I Gusti Bagus Sutarta, Kepala Unit Pengelola Pelatihan Seni Budaya membuka langsung kegiatan tersebut dengan didampingi Heri dan Acha, sebagai panitia penyelenggara. Kali ini dalam pengajarannya dibimbing oleh seniman, budayawan, dan sejarahwan yang berkompeten di bidangnya masing-masing, seperti Rachmat Ruchiat, Yahya Andi Saputra, Atien Kisam, Heryus Saputra, Abdul Aziz, Sabar Bokir, Yoyik Lembayung serta para peserta Siswa/I SMK 57, SMK 28 Oktober, dan Komunitas Seni Betawi.

Disamping itu, para peserta pun masing-masing turut serta dalam menampilkan kebolehannya menyampaikan sebuah cerita. Ahmad Jalaludin membawakan cerita Hikayat Ma’ruf Eskape, Siswi SMK 28 Oktober dengan cerita Hikayat Teman, Siswi SMK Al Hidayah Lestari menampilkan cerita Hikayat Romlih Juleha.

Dalam melestarikan budaya, omong kosong bila tanpa diusahakan pengembangannya yang menjadikan budaya tradisi penuh makna karena cerita didalamnya mengandung dan masing-masing membawa pesan.

Disinilah dituntut kemampuan seniman dalam mengemas pesan dalam bentuk cerita yang dituturkan, berbeda dengan sastra tulis menyampaikan pesan melalui tulisan. Tinggal bagaimana kemasannya. (ziz)
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Sastra Lisan Betawi Khazanah Budaya Bangsa Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com