Latest News
Sunday, October 4, 2015

Sering Merasa Gatal-Gatal di Kulit? Yuk, Kenali Penyebabnya...

Foto: Copyright Thinkstockphotos.com
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA - Salah satu penyakit pada kulit yang paling sering menyerang kita adalah gatal-gatal atau puritus. Dilansir dalam laman www.mayoclinic.org, penyebab dari timbulnya gatal-gatal pada kulit ini bermacam-macam  dan tergantung dari jenis gatal yang kita alami.  Beberapa penyebab dari munculnya gatal-gatal di kulit adalah sebagai berikut.
  • Kulit Kering

    Jika Anda tidak melihat tanda benjolan atau ruam di sekitar area gatal, maka kulit kering mungkin menjadi penyebab dari rasa gatal yang menimpa Anda. Kulit kering biasanya terjadi akibat faktor lingkungan, seperti cuaca yang panas atau cuaca dingin dengan kelembaban rendah,  serta penggunaan jangka panjang dari AC atau pemanas sentral.
  • Alergi

    Beberapa jenis bahan makanan dan pakaian memicu alergi yang menimbulkan rasa gatal di kulit. Bahan makanan yang umumnya memicu alergi ini adalah sea food, seperti udang dan kepiting. So, jika Anda memiliki alergi terhadap jenis bahan-bahan ini, sebaiknya hindari konsumsinya ya. Sementara itu, bahan pakaian yang seringkali memicu alergi adalah bahan pakaian seperti wol.
  • Penyakit Kulit

    Penyakit yang dialami oleh kulit juga dapat memicu timbulnya rasa gatal. Penyakit ini meliputi  dermatitis, psoriasis, , kudis , kutu , dan cacar air.  Rasa gatal disebabkan oleh penyakit kulit ini biasanya disertai tanda fisik seperti ruam, bintik-bintik, bercak, bahkan benjolan.
  • Penyakit Internal

    Beberapa penyakit internal seperti gangguan fungsi hati, gagal ginjal, anemia karena kekurangan zat besi, celiac (malabsorpsi gandum), bahkan kanker seperti leukimia dan limfoma dapat menimbulkan rasa gatal di kulit.  Rasa gatal yang disebabkan oleh penyakit internal ini biasanya mempengaruhi seluruh tubuh, meski  secara keseluruhan, mungkin kulit akan terlihat normal tanpa tanda-tanda penyebab gatal.
Nah, itulah beberapa penyebab terjadinya rasa gatal di kulit. Dengan mengetahui penyebabnya, semoga Anda bisa lebih aware dan hati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh Anda.[vem]
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Sering Merasa Gatal-Gatal di Kulit? Yuk, Kenali Penyebabnya... Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com