Latest News
Sunday, June 12, 2016

Berpuasa Tapi Tetap Menyusui? Why Not, Ini Tipsnya

Foto: copyright thinkstockphotos.com
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA - Berpuasa di bulan Ramadan, merupakan salah satu kewajiban ibadah yang harus ditunaikan pemeluk Islam. Meskipun begitu, pada beberapa kondisi, seseorang harus mempertimbangkan dan benar-benar menjaga kondisi tubuhnya saat berpuasa, misalnya ibu yang menyusui.

Asupan gizi ibu menyusui harus benar-benar diperhatikan, khususnya saat berpuasa. Ini dikarenakan ia tak hanya mengkonsumsi makanan dan minuman untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk sang bayi. Nah, jika Mom ingin tetap menjalankan ibadah puasa meski dalam kondisi menyusui, jangan khawatir. Berikut ini ada 5 tips untuk ibu menyusui yang menjalankan ibadah puasa, dilansir dari laman makchic.com.
  • Jangan Melewatkan Sahur

    Sahur penting untuk menyuplai nutrisi dan kalori selama sehari penuh. Pastikan jangan makan terlalu banyak dan konsumsi banyak buah-buahan ya, Mom, karena buah akan lebih lama dicerna oleh tubuh.
  • Makanlah Kurma dan madu

    Kurma dapat memberi asupan energi yang baik selama seharian. Saat sahur, jangan lupa untu makan kurma dan 1 sendok makan madu. Dua makanan ini akan memberikan Mom energi dan stok ASI yang cukup selama seharian.
  • Perbanyak Minum Air Putih

    Pastikan minum air putih cukup, khususnya setelah berbuka puasa dan sahur. 4 gelas saat berbuka, 2 gelas sebelum tidur dan 2 - 4 gelas setelah sahur.
  • Berpikir Positif

    Pikiran yang positif akan memberikan semangat yang lebih selama seharian. If you think you can, you can.
  • Jaga Kondisi Tubuh Agar Tidak Terlalu Lelah

    Lakukan pekerjaan rumah yang terbengkalai di malam hari setelah berbuka. Mintalah bantuan asisten rumah tangga atau suami untuk menyelesaikannya. Tubuh yang terlalu capek akan mengurangi produksi ASI.
Yang terpenting adalah dengarkan apa kata tubuhmu dan bayimu. Kesehatan tubuh dan kesehatan bayi Anda adalah yang utama ya, Mom. Jika mulai merasa sakit atau bayi Anda tampak dehidrasi dan kekurangan asupan gizi, jangan memaksakan diri. Menyusui saat berpuasa merupakan pengorbanan besar yang patut diacungi jempol. Semoga Allah memberikan pahala yang melimpah ya, Mom. Tetap semangat dan selamat menjalankan ibadah puasa.[vem]
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Berpuasa Tapi Tetap Menyusui? Why Not, Ini Tipsnya Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com