Latest News
Friday, November 11, 2016

10 Kebiasaan yang Mendorong untuk Bersikap Optimis

Ilustrasi/radarindonesianews.com
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA - Sikap optimis sangat dibutuhkan dalam hidup. Sikap optimis akan mendorong kita untuk berpikir lebih positif mengenai segala hal.

Tidak banyak orang yang punya sikap optimis. Berpikir positif mengenai berbagai hal yang terjadi di sekitar juga bukan hal yang mudah jika tidak dimulai dengan sikap optimis. Kasandra Putranto, ahli psikolog terkenal di Indonesia, menjelaskan bahwa faktor kebiasaan juga sangat berpengaruh terhadap pemikiran yang positif atau negatif seseorang dalam suatu hal.

Berikut adalah 10 kebiasaan yang mendorong untuk bersikap optimis:
1. Selalu Bersyukur
Bersyukur adalah cara untuk membuat kita merasa puas dengan apa yang telah kita dapatkan. Dengan bersyukur, kita akan lebih menghargai hidup.

2. Berbagi kisah
Jangan takut untuk berbagi cerita dengan orang-orang terdekat. Berbagi kisah menyenangkan maupun yang kurang menyenangkan akan melepaskan beban yang tertimbun di dalam hati kita.

3. Memaafkan
Menerima atau meminta maaf adalah cara untuk menciptakan kedamaian. Kedamaian akan membuat Anda berpikir jernih dan optimis.

4. Jadi pendengar yang baik
Ketika Anda mendengarkan Anda mendapat lebih banyak pengetahuan. Anda juga menunjukkan kepercayaan diri dan menghargai orang lain. Pengetahuan dan keyakinan adalah bekal untuk memancarkan energi positif.

5. Lebih banyak tersenyum
Ketika tersenyum, orang lain juga akan ikut tersenyum dan menciptakan lingkungan yang bahagia. Sebaliknya jika Anda cemberut, maka tidak akan ada orang yang memberi senyumnya pada Anda.

6. Olahraga dan konsumsi makanan bergizi
Tubuh yang bugar merupakan kunci hidup sehat. Tubuh yang sehat akan mendorong pemikiran seseorang menjadi lebih jernih dan ceria. Untuk itu jangan lewatkan olahraga dan makanan bergizi setiap harinya.

7. Hilangkan kecemburuan
Ketika iri pada orang lain, kita hanya akan menyakiti diri sendiri. Salurkan energi untuk berbuat lebih baik daripada bersikap iri.

8. Berhenti menyalahkan orang lain
Sangat mudah untuk menyalahkan orang lain. Yang tersulit adalah introspeksi diri. Menyalahkan orang lain adalah sikap pengecut dan pesimis.

9. Berpikir positif
Berpikir positif akan membuat kehidupan lebih mudah karena Anda memandangnya dari sudut yang positif. Selain itu energi positif juga akan terpancar sehingga Anda selalu berpikiran optimis.

10. Yakin punya masa depan lebih baik
Setiap orang punya masa lalu yang tidak menyenangkan. Namun bukan menjadi jaminan jika masa depan Anda akan buruk juga. Yakin lah Anda akan mempunyai masa depan yang baik jika mau berusaha dan optimis.
Mulailah mengubah kebiasaan untuk bersikap optimis![AW]
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: 10 Kebiasaan yang Mendorong untuk Bersikap Optimis Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com