Latest News
Monday, August 27, 2018

Wakil Bupati Bangka Barat Hadiri Adat Nekup Atu Baret

Wabup Markus saat hadiri acara Nekup Baret.[Alif/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, BANGKA BARAT - Warga masyarakat desa Terentang kecamatan Kelapa setiap tahunnya usai melaksanakan lebaran Idul Adha, mereka mengadakan acara berupa sedekah kampung Terentang atau biasa disebut warga setempat dengan istilah Nekup atu Baret. 

Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, menghadiri acara tersebut Minggu (26/8/2019). Sedekah kampung ini dilaksanakan dengan tujuan untuk, menyampaikan ucapan syukur atas hasil panen yang telah diperoleh tahun ini dan juga sekaligus sebagai doa tolak balak agar tidak terjadi bencana atau musibah pada masyarakat Terentang. 

"Kegiatan ini juga sebagai motivasi bagi generasi muda untuk terus belajar agama Islam dan mengkhatamkan Alquran dan juga sebagai moment untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat sekitar,"ujar Makus saat memberikan sambutannya di hadapan tamu undangan yang hadir.

Wakil Bupati ini menambahkan, hendaknya tradisi ini dijadikan sebagai aset budaya daerah yang harus dipertahankan, dikembangkan, ditingkatkan dan dijadikan wisata budaya di kabupaten Bangka Barat. Dan diharapkan acara ini dapat menjadi agenda rutin tahunan yang dapat mendukung pariwisata kabupaten Bangka Barat. 

Pantauan selama sedekah kampung, shalawat dan puji-pujian disenandungkan oleh orang – orang tua di salah satu rumah peserta khataman. Setelah itu para peserta khataman diarak keliling kampung untuk kemudian berakhir di masjid tempat khataman dilaksanakan.

Adat sedekah kampung Terentang ini memang masih tetap dijaga dan dilestarikan di Desa Terentang sejak dulu hingga masa sekarang. (Alif)
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Wakil Bupati Bangka Barat Hadiri Adat Nekup Atu Baret Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com