Latest News
Friday, September 14, 2018

Sukma Oktaviani: Tahun Baru Islam Momentum Hijrah

Sukma Oktaviani
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA - Alhamdulillah bertemu kembali kita pada tahun baru Islam ini, momen hijrah bagi kita umat Islam. 1 Muharram 1440.

1440 tahun lalu adalah kali pertama Rosulullah menegakkan Islam di Yastrib atau Madinah sekarang; 1440 tahun lalu adalah momen dimana seluruh hukum Islam diterapkan oleh Rosulullah SAW.

Tahun baru Islam ini adalah waktu yang sangat tepat untuk kita bermuhasabah diri. Sentuh relung hati kita, amal ibadah apa saja yang kita jalani, amalan apa saja yang belum mampu kita menjalaninya, dan sudah berapa banyak umat yang kita ajak menuju ketaatan pada-Nya.

Jangan hanya jadikan momen ini untuk perayaan besar-besaran, hura-hura membuang uang hanya untuk petasan, poya-poya dengan alasan perayaan tahun baru Islam, yang semua kegiatan itu menjadikan kita lupa untuk bermuhasabah kepada Sang Pencipta Alam. Ingat teman itu semua kesalahan.

 Momentum Hijrah 

Hijrah bukan hanya berpindah tempat, bukan hanya perubahan lebih baik dari kemarin. Tapi hijrah adalah tindakan kemuliaan menuju penerapan Islam secara kaffah seperti yang Rasulallah SAW lakukan pada saat hijrahnya beliau dari Makkah ke Yastrib atau Madinah sekarang.

Momen tahun baru Islam ini adalah momen paling tepat untuk kita hijrah menjadi umat yang bangkit dari keterpurukan; menjadi umat yang membenahi diri menjadi sebenar-benarnya umat terbaik.

Bukan hanya fokus terhadap diri sendiri, kita pun tak lepas dari kewajiban kita menyampaikan yang ma'ruf dan mencegah kemungkaran disekeliling kita, agar tak hanya kita saja yang sadar akan pentingnya penerapan Islam kaffah untuk kesempurnaan hijrah.

Perlu digaris bawahi bahwa hijrah tak akan sempurna tanpa persatuan umat; hijrah tak akan sempurna tanpa adanya kesadaran umat tentang pentingnya penerapan Islam; dan hijrah tak akan sempurna tanpa diterapkannya Islam secara kaffah.

Marilah kita berusaha hijrah menuju Islam kaffah dengan harta dan jiwa; kita sampaikan kepada umat bahwa hijrah harus menyeluruh; hijrah harus menerapkan hukum Allah; hijrah harus terlepas dari penghambahaan kepada selain Allah.

Selagi Allah masih memberi waktu untuk kita, pergunakanlah momen ini sebaik-baiknya, dan jadilah umat terbaik yang sebenar-benarnya. Wallahu 'alam.

Penulis adalah siswi SMA di Cikampek
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Sukma Oktaviani: Tahun Baru Islam Momentum Hijrah Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com