Latest News
Thursday, October 11, 2018

Soekarwo Berangkat ke Sumenep, Pantau Kondisi Korban Gempa Di Pulau Sapudi

RADARINDONESIANEWS.COM, SUMENEP - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo memutuskan untuk berangkat bersama kapolda dan pangdsm ke lokasi bencana gempa bumi di Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Kamis (11/10/2018). Kepala Biro Humas Pemprov Jawa Timur Aries Agung Paewai mengatakan, Pakde Karwo, sapaan Soekarwo, langsung turun ke lapangan dan rumah rusak yang terdampak gempa bumi akan dibangun oleh Pemprov Jatim. 

Karena itu, Soekarwo meminta untuk segera mendata berapa rumah rusak, korban luka, dan korban meninggal. "Pak Gubernur langsung telepon Camat Gayam tentang kondisi di sana. Beliau juga sudah rapat jam 7 tadi dengan kepala OPD," ucap Aries. 

Selain itu, korban luka akan ditangani serius oleh tim dokter sedangkan korban meninggal akan mendapatkan santunan awal Rp 5 juta dari Pemprov Jatim. "Hari ini tim lengkap langsung berangkat untuk melakukan rehabilitasi semua dan masyarakat tidak boleh menunggu lama, harus segera teratasi," tuturnya. 

Seperti diberitakan, Gempabumi dengan kekuatan magnitudo M 6,4 mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali pada Kamis (11/10/2018) pukul 01.57 WIB. BMKG melaporkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur pada kedalaman 12 km. BMKG memastikan gempa tidak berpotensi tsunami. 

Getaran Terasa dari Malang hingga Bali Data sementara dampak gempa dilaporkan 3 orang meninggal dunia dan beberapa rumah mengalami kerusakan. 

Daerah yang terparah adalah di Kecamatan Gayam Kabupaten Semenep Jawa Timur. Tiga orang meninggal dunia adalah: 1. Nuril Kamiliya (L/7) Desa Prambanan, Kec. Gayam - Sumenep. 2. H. Nadhar (P/55) Dsn. Jambusok, Desa Prambanan, Kec. Gayam - Sumenep. 3. Laki-laki Dewasa (masih identifikasi) Desa Prambanan, Kec. Gayam - Sumenep. Gempa M 6,4 yang kemudian telah dimutakhirkan menjadi M6,3 oleh BMKG terasa di seluruh wilayah Jawa Timur meliputi Kabupaten/Kota Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kab. Pasuruan Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kab. Malang, Kab. Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kab. Mojokerto, dan Kota Mojokerto.

Guncangan gempa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Sumenep dan Situbondo selama 2-5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Sedang di daerah lain gempa dirasakan sedang selama 2-5 detik.[sumber]
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Soekarwo Berangkat ke Sumenep, Pantau Kondisi Korban Gempa Di Pulau Sapudi Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com