Latest News
Wednesday, November 7, 2018

Leny Agustin, S.Pd: Mengerikan, BPBD Cabut Bantuan Air Bersih Untuk Sampang

Leny Agustin, S.Pd
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA - Hilang empati, dimana welas asih pemerintah negri kaya ripah loh jinawi? Baru-baru ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur menghentikan bantuan droping air ke warga ditengah kekeringan kritis.

Padahal di musim kemarau ini warga Sampang masih banyak membutuhkan air bersih untuk kebutuhan hidupnya.

“Bahwa bantuan droping air bersih ke warga hanya sampai 31 Oktober 2018, hal itu sesuai anggaran yang diturunkan oleh Provinsi jatim senilai 150 juta rupiah.

Selain itu bantuan droping air bersih hingga 31 Oktober tersebut, juga mengacu pada prediksi BMKG juanda Surabaya bahwa musim kemarau akan berakhir di akhir Oktober 2018,” jelas Kepala BPBD Sampang, Anang Junaidi, Senin (05/11/2018) lansir Hidayatullah.

Sungguh miris, hal tersebut menimpa negri  dikala kekayaan alam yang begitu banyaknya dan canggihnya teknologi pada bidang ini. Bulan November yang di gadang-gadang akan terjadi musim hujan nyatanya tidak demikian. Kesulitan air bersih terjadi di beberapa wilayah, bahkan ada yang rela untuk mengkonsumsi air keruh untuk kebutuhan sehari-hari.

Air merupakan kebutuhan vital, begitupun pemerintah tidak boleh memandang sepele akan hal ini. Setelah dana 150 jt digelontorkan dan keadaan belum membaik maka wajib mengupayakan agar air bersih di daerah-daerah terpenuhi dan stabil. Sehingga rakyat tidak harus di anak tirikan dengan dikesampingkan kebutuhan asasinya.

Apapun alasannya negara harus bertanggung jawab atas hajat hidup kebutuhan orang banyak tidak bisa hanya sebagai regulator. Sangat disayangkan apabila air keruh untuk warga dan air bersih untuk industri. Sebagaimana dalam hadits Kaum muslim berserikat dalam tiga perkara yaitu Padang rumput, air dan api (HR. Abu Dawud dan Ahmad) maka air tidak boleh di privatisasi.[]
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Leny Agustin, S.Pd: Mengerikan, BPBD Cabut Bantuan Air Bersih Untuk Sampang Rating: 5 Reviewed By: radarindonesia news