Latest News
Wednesday, January 2, 2019

Sumiati : Bagaimana Sikap Seorang Muslim Mengenai Tahun Baru Masehi?

Sumiati
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA - Akhir-akhir ini negri kita tercinta terus menerus diuji dengan berbagai bencana, yang bertepatan juga dengan pergantian tahun baru. Diantara para pengemban dawah dari berbagai kalangan tidak henti-hentinya terus menyuarakan agar umat kembali pada jalan yang Allaah SWT ridhai. 

Mulai terlihat dan terdengar banyak dari pemerintahan, walaupun bukan dari pucuk penguasa yang menyerukan, bahwa dimalam pergantian tahun baru tidak ada perayaan apapun.

Tentu saja hal ini sedikit menggembirakan, walaupun harapan umat tentu saja lebih dari itu. Karena tahun-tahun yang lalu begitu memprihatinkan. 

Jika didetili dalam hal ini, yang utama adalah terkait dengan tasyabbuh bi al-kuffaar, yakni perbuatan yang menyerupai orang-orang kafir. 

Tasyabbuh menurut bahasa menyerupai, sedang menurut istilah mengikuti. Para ulama ketika membahas keharaman tasyabbuh,  menggunakan dali nash al Quran yang mencela perbuatan mengikuti hawa nafsu orang-orang kafir dan dalil hadits yang mengandung larangan menyerupai orang kafir. Allah SWT berfirman:

وَمَا يَنطِقُ عَنِ ٱلْهَوَىٰٓ ﴿٣

"dan tidaklah yang diucapkannya itu (Al-Qur'an) menurut keinginannya. "

(Q.S.53:3)

ثُمَّ جَعَلْنَٰكَ عَلَىٰ شَرِيعَةٍ مِّنَ ٱلْأَمْرِ فَٱتَّبِعْهَا وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَآءَ ٱلَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ﴿١٨﴾

"Kemudian Kami jadikan engkau (Muhammad) mengikuti syariat (peraturan) dari agama itu, maka ikutilah (syariat itu) dan janganlah engkau ikuti keinginan orang-orang yang tidak mengetahui."

(Q.S.45:18)

إِنَّهُمْ لَن يُغْنُوا۟ عَنكَ مِنَ ٱللَّهِ شَيْـًٔا ۚ وَإِنَّ ٱلظَّٰلِمِينَ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَآءُ بَعْضٍ ۖ وَٱللَّهُ وَلِىُّ ٱلْمُتَّقِينَ ﴿١٩

"Sungguh, mereka tidak akan dapat menghindarkan engkau sedikit pun dari (azab) Allah. Dan sungguh, orang-orang yang zalim itu sebagian menjadi pelindung atas sebagian yang lain, sedangkan Allah pelindung bagi orang-orang yang bertakwa."

(Q.S.45:19)

Berdasarkan dalil hadits dari Ibnu 'Umar Radhiallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda:

من تسبه بقوم فهو منهم 

Artinya: " Barang siapa menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan kaum tersebut ". (HR Ahmad).

Dengan beberapa dalil diatas sudah jelas tasyabbuh bi al kuffar adalah haram. Diantaranya perayaan tahun baru masehi, karena sejatinya hal itu tidak berasal dari islam. 

Tentu saja hal ini tidak akan terjadi, jika umat islam menerapkan hukum islam yang kaffah, karena umat islam memiliki junnah (perisai) yang senantiasa menjaga akidah umat. Saatnya islam memimpin dunia. Wallaahu a'lam bishawab.[]

Penulis adalah Praktisi Pendidikan dan Member AMK  (Akademi Menulis Kreatif )
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Sumiati : Bagaimana Sikap Seorang Muslim Mengenai Tahun Baru Masehi? Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com