Latest News
Friday, February 8, 2019

Edukasikan Pertanian, Siswa SD Dibekali Cara Bertanam

SD Negeri Ringinanom 1 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang saat belajar cara bertanam.[Agung]
RADARINDONESIANEWS.COM - MAGELANG, Sebagai generasi penerus anak-anak perlu diajak mencintai bumi sebagai tempat mereka berpijak. Mengajak mereka mulai mencintai lingkungan merupakan awal baik menanamkan rasa memiliki, merawat, dan melestarikan bumi. Akrab dengan lingkungan mengajarkan kepada anak rasa hormat  kepada alam dan kelak mereka tidak melakukan tindakan yang merusak alam.

Mengajak dan mengajari anak menanam tanaman hias di rumah, memberi contoh menyiram dan merawat tanaman merupakan tindakan sederhana yang bisa dilakukan orang tua. Tidak perlu harus paham tentang ilmu pertanian secara detail untuk mengajarkan menanam tanaman hias kepada anak-anak kita. Cukup ilmu turun-temurun dari nenek moyang bagaimana mereka menanam tanaman di lingkungan rumah atau di dalam pot kecil.

Demikian pula perlu diajarkan anak-anak di tingkat Sekolah Dasar (SD). Di masa ini anak-anak mudah dikenalkan berbagai kegiatan pertanian dan cinta lingkungan. Pihak sekolah bisa bekerjasama dengan pihak terkait. Seperti Dinas Pertanian setempat atau di tempat pembibitan tanaman.

Seperti dilakukan SD Negeri Ringinanom 1 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pihak SD merangkul Dinas Pertanian Kabupaten Magelang mengedukasi para siswa bagaimana menanam tanaman secara benar. Mulai menyiapkan media, pemilihan bibit, hingga penanaman dan perawatannnya.

Dipimpin langsung oleh Kepala SD Negeri Ringinanom, Siti Ngaisah SPd SD, para siswa antusias mengikuti kegiatan tersebut. Dengan cermat mereka mengikuti penjelasan, menyimak tutorial yang diberikan, dan mereka langsung praktik menanam, Kamis (7/2/2019).

Siti Ngaisah mengatakan edukasi menanam pohon membekali siswa cinta menanam sebagai bentuk kecintaan terhadap pertanian dan bumi.

“Siswa menjadi paham cara menanam yang benar, sehingga kelak mereka terbiasa menanam dan berhasil karena caranya benar,” kata Ngaisah.

Untuk kegiatan praktik menanam tersebut, para siswa diajak mengunjungi pusat pembibitan tanaman hortikultura di Dusun Samberan Ringinanom Tempuran.

“Kami bekerjasama dengan petani bibit dalam hal edukasi pertanian. Kebetulan tempat ini dekat dengan sekolah,” pungkas Ngaisah. (Agung)
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Edukasikan Pertanian, Siswa SD Dibekali Cara Bertanam Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com