Latest News
Friday, March 22, 2019

Dennis Baktian Lahagu: Tidak Ada Alasan Tidak Mengurus Dokumen Kependudukan

Dennis Baktian Lahagu (tiga dari kanan) saat foto bersama masyarakat dan tim pelayanan langsung Disdukcapil.[Albert/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias laksanakan amanat UU No. 24 Tahun 2013. Hal ini tampak dari pelayanan langsung yang dilakukan hingga ke pedesaan, tepatnya di Desa Siofabanua, Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias.

"Pelayanan langsung yang kita lakukan ini merupakan bentuk komitmen Disdukcapil dalam mengimplementasikan kebijakan stelsel aktif pada pelayanan administrasi kependudukan yang diamanatkan dalam UU No. 24 Tahun 2013 yang prinsipnya adalah untuk memperpendek jarak pelayanan kepada masyarakat. Seyogyanya masyarakat yang berdomisili di desa ini atau dekat dengan desa ini, tidak lagi memiliki alasan untuk tidak mengurus dokumen kependudukannya," ucap Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Dennis Baktian Lahagu, S.I.P, MSP.

Dennis juga mengungkapkan jika pelayanan langsung yang dilakukan adalah bentuk dukungan mensukseskan pemilu 2019.

"Pelayanan langsung yang sedang kami lakukan dibeberapa desa lingkungan Kabupaten Nias ini merupakan bentuk dukungan terhadap penyelenggaraan Pemilu 2019 yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Selama tiga hari (19-21 maret) pelayanan, masyarakat dari Desa Siofabanua dan dari beberapa desa terdekat dapat mengurus dokumen kependudukannya secara gratis atau tanpa dipungut biaya. Bahkan pihak Dinas Dukcapil Kabupaten Nias menyediakan semua formulir yang digunakan dalam pengurusan dokumen kependudukan secara cuma-cuma," ungkap Dennis.

Diakhir penjelasannya, Kabid muda yang bertugas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias itu menghimbau masyarakat untuk melakukan perekaman data kependudukan.

"Masyarakat dihimbau untuk melakukan perekaman data kependudukan bagi yang belum merekam dan mengurus dokumen kependudukan secara menyeluruh/sekaligus bagi seluruh anggota keluarga (yang tercantum dalam KK) yang belum memiliki," ajaknya. 

Selain melakukan pelayanan pengurusan data, Disdukcapil juga menyerahkan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) yang telah diterbitkan karena status perekaman PRR (Print Ready Record) kepada masyarakat Desa Siofabanua dan sekitarnya.

Dari pantauan awak media terlihat beberapa masyarakat yang hadir pada pelayanan merasa senang ketika namanya disebutkan Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil saat mengumumkan nama-nama penduduk yang KTP-el nya sudah terbit dan dapat diambil melalui petugas yang menangani.

Dari informasi yang dihimpun dari  Disdukcapil Kabupaten Nias, hingga hari terakhir Didukcapil berhasil merekam data kependudukan sebanyak 132 orang, dan pada 26 Maret hingga 28 Maret mendatang pelayanan langsung kembali dilaksanakan di Desa Sisarahili Kecamatan Bawolato. (Albert)
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Dennis Baktian Lahagu: Tidak Ada Alasan Tidak Mengurus Dokumen Kependudukan Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com