Latest News
Tuesday, March 12, 2019

Kementerian ESDM Beri Bantuan Sumur Bor Kepada Desa Krinjing

Kementerian ESDM saat penyerahan kepada warga Krinjing.[Agung/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM - MAGELANG, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral [ESDM] Republik Indonesia, melalui Kepala Biro Hukum Kementerian ESDM, Gufron Asrofi, menyerahkan bantuan kepada warga Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang berupa sumur bor air bersih pada Selasa [12/03/2019].

Gufron mengatakan bahwa, bantuan sumur bor tersebut merupakan salah satu bukti nyata negara selalu hadir untuk rakyat. Meskipun di beberapa wilayah Kabupaten Magelang sudah terdapat sumur bor, namun adanya sumur bor di Desa Krinjing tersebut sangat dibutuhkan masyarakat manakala memasuki musim kemarau.

Disaat-saat musim kemarau, maka negara harus hadir terutama untuk memastikan air bersih bagi masyarakat melalui Badan Geologi Kementerian ESDM yakni dengan membangun sumur bor, ujar Gufron.
Badan Geologi, kata Gufron, merupakan salah satu badan di lingkungan Kementerian ESDM yang bertanggung jawab terhadap bidang kegeologian gunung api dan termasuk air bersih dan tanah. Termasuk juga menjaga kualitas air atau menginformasikan air yang terletak di pinggir pantai. 

Sekarang ini untuk kita ketahui bahwa air di pinggir pantai juga sudah terserang oleh air laut, sehingga kapan air layak diminum badan geologi akan memberikan rekomendasi, terang Gufron.
Menurut Gufron, air merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, baik untuk konsumsi maupun kebutuhan hidup lainnya. Namun demikian, tidak dapat dipungkiri masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang masih mengalami kesulitan air bersih karena kondisi alam maupun karena terbatasnya pendanaan masyarakat untuk memperoleh air.

Sampai pada akhir tahun 2018, Gufron menyebutkan bahwa, Badan Geologi Kementerian ESDM telah berhasil membangun sebanyak 2290 titik sumur bor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dengan kapasitas debit air bersih mencapai 144,4 juta meter kubik per tahunnya, yang dapat melayani sebanyak kurang lebih 6,6 juta jiwa.


Sumur bor tersebut tersebar di 33 provinsi, 312 kabupaten. Di Provinsi Jawa Tengah sendiri, telah terbangun 367 unit sumur bor di 31 Kabupaten dan Kota. Sampai pada tahun 2018 di Kabupaten Magelang sendiri telah berhasil dibangun sebanyak 28 unit sumur bor yang tersebar di 25 Desa di 11 Kecamatan, dengan kapasitas produksi air bersih mencapai 76,2000 meter kubik per tahun, papar Gufron.
Sedangkan Bupati Magelang, Zaenal Arifin, melalui Kepala Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman [DPRKP] Kabupaten Magelang, Sutarno, sangat mengapresiasi bantuan yang telah diberikan oleh Kementerian ESDM berupa sumur bor di Desa Krinjing.

Kami atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Magelang mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada jajaran Kementerian ESDM yang telah berkenan memberikan bantuan pembangunan sumur bor air tanah ini," kata Sutarno.

Sutarno mengatakan bahwa, beberapa wilayah di Kabupaten Magelang masih mengalami kesulitan akses air minum terlebih saat memasuki musim kemarau. Namun, di tahun anggaran 2018 ini Kementerian ESDM telah memberikan bantuan untuk membangun sumur bor air tanah di 10 Desa, diantaranya di Desa Rejosari Kecamatan Bandongan, Desa Surodadi Kecamatan Candimulyo, dan Desa Kalirejo Kecamatan Salaman.

Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang berada di dekat sumur bor untuk senantiasa dapat mengelola dan merawat fasilitas yang telah diberikan oleh Kementerian ESDM tersebut.

Kami himbau kepada masyarakat agar dapat merawat sumur bor ini sehingga dapat berfungsi dan berkelanjutan dalam jangka panjang," pungkas Sutarno. [Agung Libas]
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Kementerian ESDM Beri Bantuan Sumur Bor Kepada Desa Krinjing Rating: 5 Reviewed By: radarindonesia news