Latest News
Tuesday, March 12, 2019

Kisah Menteri Bersih Ditolak Masuk Istana Karena Naik Kijang Butut

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA - Terkenal dengan kaca mata besarnya, Marie Muhammad menjadi salah satu sosok menteri keuangan paling dikenang masyarakat. Penampilan nan sederhana selalu melekat pada hidupnya.

Julukan sebagai Mr Clean disematkan masyarakat untuk mendiang yang telah berpulang pada 11 Desember 2016 itu.

“Pak Marie Muhammad itu buat saya semacam legenda. Beliau menjadi dirjen pajak pada masa dimana Indonesia itu masih sangat tidak terbuka.

Dan juga masih ada persepsi korupsi dan kronisme sangat meluas,” kenang Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dikutip Dream dari tayangan video Youtube Ministry of Finance Republic of Indonesia.

Menurut Sri Mulyani, Marie Muhammad bisa menjadi contoh bagi masyarakat jika sesuatu hal yang mustahil bisa dilakukan sepanjang ada kemauan.

Penilaian ini berkaca dari upayanya membersihkan Ditjen Pajak dari citra negatif publik. Sosok sederhana Mari’e dikenang dengan jelas oleh sang istri, Ayu Resmiati.

Anak Protes Tak Punya Kolam Renang

Selama mendampingi sang suami, Ayu melihat kepribadian Mari’e yang tak bisa ditemukan pada orang lain. Bahkan pada kakak sendiri.

“Dalam mendorong orang berbuat jujur, mendorong orang berbuat baik, dan mendorong orang untuk menuntut ilmu, itu bapak luar biasa. termasuk kepada saya,” katanya.

Salah satu kenangan yang diingat Ayu adalah pertanyaan anak-anaknya yang heran dengan sikap sang ayah yang tak mau membangun kolam renang di rumahnya.

“Papa kamu berpendapat kolam renang itu sesuatu yang mewah, sesuatu yang harus memerlukan biaya tinggi untuk pemeliharaannya.

Daripada punya kolam renang, toh kita bisa berenang di tempat lain,” kata Ayu mengenang jawabannya kepada anak-anaknya.

Naik Kijang Butut Ditolak Masuk Istana

Bukti kesederhaan itulah yang dirasakan oleh putri Mari’e Muhammad, Rahmasari Muhammad. Sebuah kenangan melekat kala Mr Clean ditolak masuk ke istana karena mengendarai mobil Kijang lawas yang butut.

Padahal hari itu, Mari’e diundang untuk mendapat bintang Mahaputra. “Waktu itu beliau naik Kijang, ya mungkin kijang zaman dulu yang jadul, dan itu hampir ditolak masuk ke Istana, karena mobilnya mungkin terlalu jelek,” kenang Rahmasari.

Mendengar penolakan dari Satpam, Mari’e yang berada di dalam mobil jadul itu menurunkan jendela kaca dan menunjukan wajahnya.

Melihat si pemilik mobil adalah Marie Muhammad, lanjut Rahmasari, penjaga Istana akhirnya mengizinkannya masuk ke Istana.

Rahmasari mengenang sang ayah sebagai kamus berjalan dalam kehidupannya. Marie senantiasa mempunyai jawaban yang rasional. (Sah/rg)
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Kisah Menteri Bersih Ditolak Masuk Istana Karena Naik Kijang Butut Rating: 5 Reviewed By: radarindonesia news