Latest News
Tuesday, March 19, 2019

Putri Nurul HS: Jadilah Pemuda Terbaik

 Putri Nurul HS
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA - Pemuda adalah harapan masa depan umat. Berkualitas pemuda hari ini, penuh ketaatan, cerahlah masa depan suatu kaum. Buruk kondisi kaum muda hari ini, suramlah nasib bangsa tersebut di kemudian hari . Sejarah umat islam mencatat banyak pemuda yang harum namanya karena memuliakan islam . Sejak generasi Sahabat hingga Sultan Muhammad Al-Fatih yang menaklukan Konstatinopel yang menjadi gerbang tersebarnya Islam ke Eropa . Perjuangan Islam banyak di gerakkan oleh barisan kaum pemuda .

Namun saat ini banyak anak muda kita terpapar krisis moral . Data UNICEF tahun 2016 menunjukan kekerasan remaja di Indonesia diperkirakan mencapai 50% . Sebut saja kekerasan gang motor,tawuran dan saling bully . Kekerasan itu bukan hanya kepada sesama remaja tetapi bahkan juga kepada orang tua dan guru . Selain kekeran remaja saat ini rawam terjerat seks bebas . Data yang dikeluarkan oleh sebuah aplikasi penyedia layanan kesehatan memperlihatkan 68% pertanyaan yang diajukan user berkutat pada pembahasan mengenai seks . 

Jadi siapa yang harus tanggung jawab atas perilaku remaja saat ini ???. Semua pihak harus intropeksi diri dan berbenah. Pasalnya,banyak pihak yang terlibat dalam pendidikan remaja . Pertama orang tua adalah pihak yang utama dalam mendidik anak . Kedua,negara wajib menyelenggarakan pendidikan berbasis agama (Islam). Bukan seperti saat ini, sistem pendidikan cenderung sekuler. Islam dipisahkan dari dunia pendidikan . Ketiga, aturan sosial dan hukum yang berlaku banyak mengabaikan perlindungan pada moral remaja . Jadi kita sebagai remaja dan pemuda muslim diletakan amanah untuk memimpin umat dan membangun negeri . Masa muda bukanlah untuk menceburkan diri dalan suasana hedonisme,bersenang-senang tanpa batas halal dan haram,sambil berpikir bahwa umur masih panjang . Nabi SAW telah mengingatkan :

"Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara: masa muda mu sebelum masa tua mu, sehat mu sebelum sakit mu, keadaan kaya mu sebelum miskin mu, waktu luang mu sebelum saat sibuk mu dan saat hidup mu sebelum datang kematian mu." 

(HR.Al-Baihaqi). Para pemuda yang bisa mengendalikan dirinya dari hawa nafsu mendapat pujian dari Allah SWT. Mereka adalah kaum muda yang meninggalkan hawa nafsunya yang negatif dan selalu berbuat baik dalam agama.

Pemuda adalah harapan masa depan umat. Berkualitas pemuda hari ini, penuh ketaatan, cerahlah masa depan suatu kaum. Buruk kondisi kaum muda hari ini, suramlah nasib bangsa tersebut di kemudian hari . Sejarah umat Islam mencatat banyak pemuda yang harum namanya karena memuliakan Islam . Sejak generasi Sahabat hingga Sultan Muhammad Al-Fatih yang menaklukan Konstatinopel yang menjadi gerbang tersebarnya Islam ke Eropa . Perjuangan Islam banyak di gerakkan oleh barisan kaum pemuda .

Namun saat ini banyak anak muda kita terpapar krisis moral. Data UNICEF tahun 2016 menunjukan kekerasan remaja di Indonesia diperkirakan mencapai 50%. Sebut saja kekerasan gang motor,tawuran dan saling bully . Kekerasan itu bukan hanya kepada sesama remaja tetapi bahkan juga kepada orang tua dan guru . Selain kekeran remaja saat ini rawam terjerat seks bebas . Data yang dikeluarkan oleh sebuah aplikasi penyedia layanan kesehatan memperlihatkan 68% pertanyaan yang diajukan oleh user berkutat pada pembahasan mengenai seks. 

Jadi siapa yang harus tanggung jawab atas perilaku remaja saat ini ???. Semua pihak harus intropeksi diri dan berbenah. Pasalnya,banyak pihak yang terlibat dalam pendidikan remaja . Pertama orang tua adalah pihak yang utama dalam mendidik anak . Kedua,negara wajib menyelenggarakan pendidikan berbasis agama (Islam). Bukan seperti saat ini, sistem pendidikan cenderung sekuler. Islam dipisahkan dari dunia pendidikan . Ketiga, aturan sosial dan hukum yang berlaku banyak mengabaikan perlindungan pada moral remaja . Jadi kita sebagai remaja dan pemuda muslim diletakan amanah untuk memimpin umat dan membangun negeri . Masa muda bukanlah untuk menceburkan diri dalan suasana hedonisme,berse-nang-senang tanpa batas halal dan haram,sambil berpikir bahwa umur masih panjang . Nabi SAW telah mengingatkan:

"Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara: masa mudamu sebelum masa tuamu, sehat mu sebelum sakit mu, keadaan kaya mu sebelum miskin mu , waktu luang mu sebelum saat sibukmu dan saat hidupmu sebelum datang kematian mu." 

(HR.Al-Baihaqi). Para pemuda yang bisa mengendalikan dirinya dari hawa nafsu mendapatkan pujian dari Allah SWT. Mereka adalah kaum muda yang meninggalkan hawa nafsunya yang negatif dan selalu berbuat baik dalam agama. 

Yang Harus Dilakukan Para Pemuda Pertama, hujamkan keimanan bahwa Islam adalah agama yang paripurna; mengatur urusan dunia dan akhirat.

Kedua, kaji Islam sebagai ideologi, bukan sekadar ilmu pengetahuan. Mereka wajib terikat dengan syariah Islam.

Ketiga, senantiasa memiliki sikap berpihak pada Islam, bukan netral, apalagi oportunis demi mencari keuntungan duniawi.

Keempat, terlibat dalam dawah Islam demi tegaknya syariah dan Khilafah Islam. WalLaahu a'lam bi ash-shawab.[]

Penulis adalah pelajar di SMP Negeri 56 Bandung
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Putri Nurul HS: Jadilah Pemuda Terbaik Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com