Latest News
Monday, April 15, 2019

Anna Ummu Maryam: Gempa Kembali Kunjungi Negeri

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA - Gempa kembali mengguncang Kota Sabang, Provinsi Aceh. Gempa tersebut bermagnitudo 5,2. Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan lewat akun Twitter-nya, @infoBMKG, Minggu (13/4/2019). Gempa terjadi pukul 23:12:59 WIB.

Pusat gempa ada pada 176 km arah barat laut Kota Sabang. Pusat gempa berada pada kedalaman 10 km. "Tidak berpotensi tsunami," kata BMKG. (DetikNews.Com,  13/04/2019)

Dan gempa juga terjadi pada Sabtu 13 April 2019, 12:38 WIB bumi kembali berguncang di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng). Kali ini, gempa yang terjadi bermagnitudo 5,2. Dari situs BMKG, gempa terjadi pada pukul 12.26 WIB, Sabtu (13/4/2019), pada koordinat 1,85 LS-122,58 BT.

Gempa juga dirasakan di Morowali dengan MMI III yang artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Belum ada informasi terkait kerusakan akibat gempa.

Gempa Adalah Peringatan

Tak bisa kita pungkiri kehidupan manusia saat ini semakin serakah dan terus melakukan kemaksiatan kepada Allah Swt. Ketidakseimbangan antara alam dan kepentingan manusia sudah melampaui batas. Kekayaan alam yang harusnya dapat dinikmati dan diambil mamfaatnya telah dikuasai oleh industri negeri dan asing tanpa pengaturan yang benar.

Sehingga seolah - olah orang yang berduit dan punya kekuasaan dapat miliki apa saja yang bahkan itu adalah hajat orang banyak. Pulau, gunung bahkan laut sekalipun seolah dapat dikuasai semuanya oleh manusia. Apalagi hari ini kita melihat sistem kapitalis yang diterapkan pada negeri ini dimana peraturan berasal dari pendapat manusia.

Maka wajar kita melihat alampun menjerit meminta keadilan pada Penguasa alam semesta. Sedangkan manusia dengan nafsu dan kesombongannya menguasai segala hal yang sebenarnya hanyalah titipan dari Allah semata. Kemaksiatan semakin merajalela hingga seolah tanpa rasa malu mengumbar aurat dan memamerkan kebejatan dengan pasangannya. 

Segala bentuk teguran telah dilakukan tapi manusia tak pernah belajar dari kesalahannya. Bukan berhenti dari kemaksiatan tapi malah melanjutkan.

Kembalikan Pengaturan Hidup Manusia Pada Islam

Inilah yang seharusnya kita lakukan agar rahmat Allah selalu tercurah bukan ketakutan dan rasa cemas yang selalu kita rasakan.

{ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ}

“Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan disebabkan karena perbuatan tangan (maksiat)manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)” (QS Ar Ruum:41).

Dan Allah Swt juga berfirman :

{وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ}

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan (dosa)mu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)” (QS asy-Syuura:30).

Kembalikan pengaturan negeri ini sesuai dengan islam agar alam dan manusia hidup secara seimbang. Hanya dengan Islam kekayaan alam ini dapat dinikmati dengan cara yang benar dan kebahagian dapat diperoleh oleh manusia.

Karena pada hakekatnya aturan dari Allah adalah yang sempurna,  karena Dialah yang telah menciptakannya dengan seimbang dan teratur.

{يَعْلَمُونَ ظَاهِرًا مِنَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَهُمْ عَنِ الآخِرَةِ هُمْ غَافِلُونَ}

“Mereka hanya mengetahui yang lahir (nampak) dari kehidupan dunia; sedang mereka tentang (kehidupan) akhirat adalah lalai” (QS ar-Ruum:7).

  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Anna Ummu Maryam: Gempa Kembali Kunjungi Negeri Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com