Latest News
Tuesday, May 28, 2019

Hawilawati, S.Pd: Bunga Turi Putih, Nikmat Dan Banyak Khasiat

Bunga Turi dikelola tangan terampil menjadi hidangan yang lezat dan maknyus.[Hil]
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA - Siapa yang tahu bunga ini ? Bunga nan cantik, yang diperoleh dari pohon tinggi dengan ruas daunnya yang kecil seperti daun kelor atau daun saga, yang biasa dikenal sebagai tanaman hias yang memiliki nama ilmiah Sesbania Grandiflora ini memiliki bunga yang unik. 

Bunga tersebut memiliki kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, berbagai jenis mineral (seperti kalium, fosfor, zat besi, serta kalsium), dan juga berbagai jenis vitamin (seperti vitamin B1, B2, B6, C, serta Beta karoten).

Bagi penggemar sayuran tentu ingin mencoba rasa bunga turi ini, Ma Syaa Allah, ternyata "Tumis Bunga Turi" ini enak dimakan pakai nasi hangat.

Selain bisa ditumis, juga bisa dibuat  kuliner ala Western Food "Vegetable Mix Boiled Turi Flower With Peanut Sauce" alias Pecel yang disiram bumbu kacang dan kuliner ini ternyata sudah tak asing lagi di lidah wong jowo. Mantabkan ?

Bunga Turi
Pohon bunga turi ini biasanya ada di pinggir jalan sebagai tanaman hias. Saat ini pohon tersebut sedikit sulit dijumpai, namun bunga turi sudah dijual di swalayan dan pasar tradisional. Sekantong kecil  harganya hanya lima ribu rupiah (lumayanlah ada 20-an biji bunga turi) cukup diolah untuk menghilangkan penasaran.

Yang menambah penasaran lagi, segala  yang aman dikonsumsi, pasti ada khasiatnya. Dan setelah di Googling, woow ternyata manfaat bunga turi putih ini banyak juga. Inilah keren dan Maha Hebat Allah, menebar kasihnya dengan penciptaan  alam yang banyak manfaat untuk umat manusia.

Menurut manfaat.co.id,  terdapat 12 kandungan zat yang ada pada bunga turi  yang sangat berguna bagi kesehatan kita,  diantaranya adalah :

1. Membantu proses penyembuhan luka

Studi yang telah dilakukan oleh International Journal of Pharma Tech Research pada tahun 2011 menyatakan bahwa ektrak etanol yang terdapat dalam manfaat kembang turi dapat membantu proses penyembuhan luka secara potensial. Hal ini bahkan melebihi efek penyembuhan luka dengan menggunakan nitrofurazone.

2. Mengobati rabun senja

Kembang turi dapat dimanfaatkan untuk mengonbati gangguan rabun senja (night blindness) yang disebabkan oleh penyakit gusi.

3. Untuk mengobati sariawan

Seseorang yang mudah terserang sariawan adalah mereka yang kekurangan asupan vitamin C.  Untuk mengatasi gangguan ini, kita bisa memanfaatkan kulit batang kembang turi yang diremas-remas dalam air sebagai obat kumur. Atau bisa juga kulit batang tersebut direbus terlebih dahulu, lalu hasil rebusannya bisa kita minum.

4. Mengobati radang tenggorokan

Dalam bidang kesehatan, bunga turi bunga juga sangat berkhasiat untuk mengobati sakit tenggorokan seperti terjadinya peradangan pada daerah tersebut. Caranya adalah dengan berkumur menggunakan air yang telah bercampur hasil remasan daun bunga turi. Lakukan hal tersebut secara rutin minimal 4 kali dalam sehari.

5. Membantu mengatasi gangguan disentri

Disentri atau Buang Air Besar (BAB) bercampur dengan darah dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi ramuan herbal yang berasal dari rebusan kulit batang kembang turi merah bersama 2 gelas air selama beberapa saat hingga air tersisa setengahnya saja. Terapi ini sebaiknya dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari.

6. Untuk mengatasi pembengkakan pada kuku

Tersandung kemungkinan besar akan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada daerah dibawah kuku kaki. Hal ini bisa saja menimbulkan rasa nyeri serta timbulnya pembekuan darah di daerah tersebut. Untuk mengatasi hal itu, cobalah untuk mengambil beberapa lembar daun kembang turi lalu ditumbuk hingga halus.

Terapkan hasil tumbukan tersebut pada bagian kuku kaki yang sakit sebelum diterapkan perban. Lakukan hal ini secara rutin minimal 2 hingga 3 kali dalam sehari. Hal ini akan membantu menghilangkan rasa nyeri serta menghilangkan terjadinya pembekuan darah pada daerah tersebut.

7. Membantu mengobati keputihan

Gangguan ini biasa dialami oleh seorang wanita, di mana penyebabnya adalah pertumbuhan jamur candida yang abnormal di dalam vagina. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk rutin mengkonsumsi ramuan herbal yang berasal dari daun kembang turi dan kunyit yang telah dihaluskan. Campurkan dengan air sebanyak +/- ¾ cangkir. Setelah tercampur, peras atau saringlah ramuan tersebut. Dan untuk selanjutnya minum ramuan tersebut minimal 2 kali dalam sehari.

8. Untuk mengobati batuk

Gangguan batuk bisa juga kita atasi dengan menggunakan ramuan herbal yang berasal dari manfaat kembang turi. Caranya adalah dengan menumbuk halus +/- segenggam daun kembang turi merah. Tambahkan perasan jeruk nipis, lalu minum ramuan tersebut. Atau bisa juga dengan menumbuk halus buku-buku jari akar kembang turi lalu ditambahkan ½ cangkir air hangat dan sedikit madu.

Saring lalu konsumsi ramuan tersebut secara teratur, maka gangguan batuk seperti batuk berdahak akan segera dapat tertangani.

9. Untuk mengatasi Demam

Pada saat kita atau anggota keluarga kita ada yang terserang demam, sebaiknya kita tidak terlalu panik. Cobalah untuk menumbuk halus daun kembang turi, untuk selanjutnya tambahkan +/- ¾ air hangat dan juga garam. Saring ramuan tersebut, lalu minum secara teratur. Sedangkan untuk mengatasi demam yang disebabkan oleh penyakit cacar terutama pada anak-anak, kita bisa menggunakan kulit kayu kembang turi untuk kemudian direbus.

Setelah dingin dan disaring, minumkan ramuan tersebut pada anak-anak yang terserang demam akibat gangguan cacar secara rutin.

10. Untuk mengobati sakit kepala dan pilek

Cara mengatasi gangguan ini hampir sama dengan cara mengatasi demam, yaitu dengan menumbuk terlebih dahulu +/- segenggam daun kembang turi, untuk selanjutnya ditambahkan air matang dan disaring. Langkah selanjutnya adalah meminum ramuan tersebut secara rutin.

11. Mengatasi rasa kaku pada tubuh

Cara mengatasi rasa kaku yang timbul pada beberapa bagian tubuh adalah dengan mengambil akar kemang turi merah lalu ditumbuk hingga halus. Tambahkan dengan sedikit air. Setelah itu gunakan ramuan tersebut sebagai obat gosok pada bagian tubuh yang terasa sakit.

12. Memperlancar ASI

Bagi para wanita yang sedang menyusui sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi bagian bunga maupun daun dari kembang turi sebagai lalapan atau dipergunakan dalam masakan lainnya. Manfaat kembang turi  untuk payudara dipercaya dapat membantu memperlancar ASI serta mengatasi berkurangnya jumlah produksi ASI.

Demikian kasiat bunga Turi bagi kesehatan, dan bagi anda penggemar sayur, silakan eksekusi didapurmu sensasi olahan bunga turi.[]

  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Hawilawati, S.Pd: Bunga Turi Putih, Nikmat Dan Banyak Khasiat Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com