Latest News
Sunday, May 26, 2019

Hawilawati, S.Pd: Daun Mengkudu Yang Dirindukan

Hawilawati, S.Pd
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA - Tentu anda tak asing lagi dengan jenis daun ini. Ruas daun yang lebar, tebal dan memiliki rasa yang unik sedikit pahit, ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh.

Di masyarakat Jakarta daun mengkudu ini biasa diolah menjadi kuliner yang sangat lezat "Nasi Goreng Kunyit Mengkudu"

Siapa yang pernah mencoba menikmati atau eksekusi nasi goreng mengkudu ? Bagi anda yang belum pernah tahu dengan kuliner tersebut, cobalah pasti suka.

Lagi-lagi si pemakan sayur ini, senang banget jika lihat daun mengkudu, sampai-sampai tanaman mengkudu didepan sekolah kerap kali dipetikan pucuk daunnya. 

Gegara ingin sekali eksekusi "Nasgor mengkudu", ditengah jalan bisa berhenti bertandang ke rumah si pemilik tanaman cuma mau izin meminta daunnya.

Bagaimana dengan anak-anak, memangnya suka?
Hmm, apa yang ibunya makan pasti anak mau mencoba memakannya, ya seperti itulah pola makan anak bisa mengikuti pola makan orangtuanya.

Masya Allah ternyata daun mengkudu merupakan obat herbal yang telah terbukti memiliki segudang manfaat kesehatan. Apa saja manfaatnya? Diantaranya :

1. Menyehatkan Kulit

Daun mengkudu diklaim mampu melembapkan dan menyehatkan kulit, terutama wajah. Biasanya, daun mengkudu digunakan sebagai minuman yang dicampurkan dengan teh. Dengan mengonsumsinya secara rutin setiap hari, diyakini bisa menyehatkan kulit serta terhindar dari penuaan dini.

2. Mengatasi Peradangan

Jika Anda sedang mengalami peradangan, maka daun mengkudu ini bisa Anda gunakan sebagai solusinya. Sebab, anti inflamasi yang terdapat pada daun mengkudu bisa membasmi bakteri dan virus penyebab peradangan. Jadi, yang dibasmi adalah biangnya sehingga peradangan menjai lebih mudah disembuhkan.

3. Mengusir Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah pada kulit wajah yang bisa menyerang siapa saja, terlebih bagi orang yang memiliki kulit berminyak. Sebab, salah satu penyebab jerawat adalah karena produksi minyak yang berlebih pada wajah. Untuk itu, konsumsilah rebusan daun mengkudu untuk melembapkan serta mengurangi produksi minyak pada wajah Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai masker dengan menghaluskannya terlebih dahulu.

4. Mencegah Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah sebuah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh menyempitnya pembuluh nadi. Biasanya, gangguan ini bisa berdampak fatal jika dibiarkan, seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri lainnya. Nah, untuk mencegahnya Anda bisa menggunakan daun mengkudu, sebab daun yang satu ini sangat tinggi akan antioksidan yang bisa mencegah penyempitan pembuluh nadi.

Saat ini pohon mengkudu sudah sulit ditemukan di perkotaan, kalau seperti ini jadi rindu dengan kuliner unik "Nasi Goreng mengkudu".[]
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Hawilawati, S.Pd: Daun Mengkudu Yang Dirindukan Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com