Latest News
Friday, May 31, 2019

Hayu Arviani*: 3 Sukses Wanita

dok/rumu
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA - Seorang Napoleon Bonaparte pernah ditanya: “Siapakah ibu?” Ia menjawab, “Ibu adalah yang bisa mengayunkan buaian dengan tangan kanannya dan mengayunkan dunia dengan tangan kirinya.”

Ungkapan di atas menunjukkan betapa penting peran seorang wanita. Ia bukan hanya sebagai seorang ibu bagi anak-anaknya. Lebih dari itu, seorang wanita ternyata mampu mengubah dan mewarnai dunia.

Perbedaan yang menyolok antara wanita dan pria haruslah secara jujur diakui wanita. Karena wanita diciptakan dengan kondisi fisik dan psikis yang sangat bertolak belakang dengan pria.

Kondisi fitrah seperti itulah yang menjadi sebab diarahkannya wanita kepada peran-peran tertentu. Ini semata-mata agar lalu lintas kehidupan di muka bumi ini tertib, teratur, efektif dan rapi. Meski demikian Islam tetap memberi kebebasan pada wanita untuk berkiprah di segala bidang sesuai dengan kemampuan dan kekhasannya.

Ada tiga sukses yang bisa diperankan wanita. Pertama, sukses sebagai ibu bagi anak-anaknya. “Al ummu madrasatun li auladiha.” Ibu adalah sekolah pertama bagi jiwa dan fisik anak-anaknya. Pendidikan di dalam rumah (Learning by Mother) inilah yang akan memberikan kesan mendalam dalam jiwa, (hati, pikiran dan perasaan) seorang anak yang sangat mempengaruhi pola kehidupannya kemudian. Potensi fitrah ini dimiliki lebih oleh wanita dibanding pria.

Kedua, sukses sebagai pendamping setia suami. Wanita adalah penyeimbang bagi pria, demikian pula sebaliknya. Sebagai suami istri, terdapat hubungan timbal balik yang harmonis antara keduanya dan akan terjadi proses saling mengisi, melengkapi dan menyempurnakan.

Seorang isteri seperti pakaian bagi suami, dan suami adalah pakaian bagi isterinya. Kelebihan potensi (baik keahlian, ekonomi, sosial) seorang isteri akan menutupi kekurangan suaminya dan juga sebaliknya. Seorang istri adalah pendorong kesuksesan suami, begitupun sebaliknya. Seorang isteri sukses adalah yang menyejukkan mata bagi pandangan suaminya. (QS 30 : 21). [rumu]

*Tinggal di Pekalongan
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Hayu Arviani*: 3 Sukses Wanita Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com