Latest News
Friday, May 31, 2019

Heidy Sofiyantri*: Soal Ujian Yang Bikin Resah Masyarakat

Heidy Sofiyantri
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA - Masyarakat kembali di hebohkan dengan munculnya soal-soal ulangan yang terdapat dalam soal Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) tingkat Sekolah Dasar(SD).

Isi dalam soal Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar tersebut,nama Atta Halilintar dan profesinya menjadi topik utama yang dibahas dan terdapat 5 pertanyaan yang berhubungan dengan Atta Halilintar.( kompas.com). 

Siapakah Atta Halilintar...?  Ia adalah seorang YouTuber yang memiliki jutaan followers.

Kasus ini bukan yang pertama terjadi,karena pernah di hebohkan dengan adanya lembaran soal yang di duga merupakan soal dalam Ujian  Sekolah Berstandar Nasional (USBN) viral di media sosial. Ada sebuah pertanyaan dalam soal tersebut memuat foto salah satu grup musik yang berasal dari Korea Selatan yaitu Blackpink.

Selain itu ada juga soal mengenai film Dilan 1990,dimana siswa diminta untuk menggambarkan karakter yang ada dalam film tersebut.(kompas.com).

Tidak hanya itu sebelumnya juga di hebohkan dalam soal ujian yang tertulis tanggal 19 April 2018. Ada pertanyaan yang begitu mengejutkan muncul didalam soal ujian pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama(SMP).Ada pembahasan tentang seks,yaitu ada pertanyaan dimana tempat yang aman untuk melakukan seks bebas.(Trinunnews.com).

Kejadian ini terus berulang tanpa ada penyelesaiannya,dan seakan-akan kasus tersebut adalah hal yang biasa tidak dianggap sebagai suatu masalah besar,yang harus segera di selesaikan.

Padahal jika terus dibiarkan akan dipastikan dunia pendidikan bisa hancur.Terlebih para pelajar sebagai generasi penerus.

Pendidikan adalah salah satu pilar penting dalam kehidupan karena tanpa pendidikan seseorang tidak bisa mengikuti perkembangan zaman dan menjadi terbelakang.

Saat ini kualitas pendidikan semakin hari semakin menurun.
Baik kualitas para pendidik maupun peserta didik.Para pendidik sudah berorientasi pada komersial tak peduli dengan mutu dan kualitas hasil didikannya.
Kurikukum yang sering berubah-ubah tapi tidak bisa meningkatkan kualitas pendidikan yang baik.

Karena masalah ini adalah masalah sistemik,maka solusinya juga harus mengubah sistem.
Yang bertanggungjawab atas hal ini adalah pemerintah atau negara.

Sistem pendidikan yang saat ini dipakai adalah bukan sistem pendidikan Islam tapi sistem pendidikan barat.

Dalam Islam negaralah yang berperan penting atau berkewajiban untuk mengatur segala aspek yang berkaitan dengan sistem pendidikan yang diterapkan.

Negara berperan dalam hal kurikukum,akreditasi,gaji guru,metode pengajaran dan pengupayaan agar pendidikan dapat diperoleh oleh masyarakat secara mudah dan bebas biaya. Menyediakan sarana dan prasana seperti perpustakaan,laboratorium,dan sarana ilmu lainnya.

Hukum-hukum syara yang berkaitan dengan pendidikan formal terpancar dari aqidah Islam,mengenai materi pengajaran,pemisahan antara murid laki-laki dan perempuan.

Anak kecil usia 8 tahun sudah hafal Al quran,usia 11 tahun menguasai ilmu fiqih dan ilmu lainnya,dan juga meriwayatkan hadits.

Sehingga mampu mengahasilkan atau mencetak generasi penerus yang berkualitas,melahirkan para ilmuwan-ilmuwan yang faqih fiddin.

 "Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, " Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah dimuka bumi." (TQS: Al Baqarah: 30)

(Dan)ingatlah,hai Muhammad! (ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat,"Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi")yang akan mewakili Aku dalam melaksakan hukum-hukum atau peraturan-peraturan-Ku padanya(tafsir jalalain). Allahu 'alam bi showab.[]

*Ibu rumah tangga
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Heidy Sofiyantri*: Soal Ujian Yang Bikin Resah Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com