Latest News
Monday, June 10, 2019

Beracun Namun Menjadi Makanan Populer di Jepang

RADARINDONESIANEWS.COM, KUPANG ~ Mendengar Nama Ikan Buntal pasti semua sudah tahu seperti apa jenis ikan yang satu ini. Walau kelihatan lucu namun ikan ini sangat mematikan.

Ikan Buntal memiliki lebih dari 1000 jenis spesies dan tersebar di 19 negara di seluruh dunia. Ikan ini memiliki gigi yang kuat saat berhadapan dengan predator lainnya.

Ikan buntal jenis stella dapat tumbuh hingga mencapai 2 meter dan merupakan ikan buntal terbesar di dunia. Ketika terancam ikan buntal akan mengembungkan badan 3x lipat dari ukuran normalnya.

Ikan buntal sebenarnya bisa di jadikan ikan peliharaan karena bentuknya yang lucu, namun hanya jenis Buntal Spotted Green, Buntal Bronze dan Buntal Pignose yang di anggap aman.

Namun perlu waspada karena Ikan Buntal mempunyai Racun yang sangat Berbahaya, Racun ini disebut dengan Tetrodotoxin atau TTX. Tetrodotoxin atau THX adalah neurotoksin bekerja untuk merusak sistem saraf sehingga menyumbat saluran komunikasi antara tubuh dengan otak dalam waktu singkat.

Akan tetapi Ikan buntal Menjadi Makanan Terlezat di Jepang, selain menjadi ikan peliharaan rumah ikan ini juga menjadi santapan lezat. Di restoran Jepang, ikan buntal menjadi santapan yang lezat. Namun, dibutuhkan skil yang baik dalam mengolah ikan buntal sebelum diolah menjadi makanan yang lezat.

Untuk mengolah vertebrata beracun kedua setelah katak emas beracun itu bukan sembarang koki, namun koki yang telah belajar selama 4 tahun dan memiliki sertifikat khusus dari pemerintah jepang.

Karena ketika salah dalam mengolah ikan ini, maka dapat di pastikan akan menjadi hidangan terakhir anda.

Saat ini Ikan Buntal Menjadi Daftar Ikan yang Terancam Punah, dan dalam waktu kurang dari 40 tahun terakhir, populasi Ikan buntal menjadi berkurang hingga 99% dari populasinya.(SNTT)
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Beracun Namun Menjadi Makanan Populer di Jepang Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com