Latest News
Sunday, June 30, 2019

Fury Qonzano: Perempuan Itu Cantik dan Lembut Tapi Perkasa

Fury Qonzano
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA - Sederet nama perempuan sejak zaman pra Islam hingga modern mengukir kehebatan kaum perempuan yang sangat luar biasa.

Di saat Firaun berkuasa dengan kemegahan dan kecongkakannya, figur perempuan cantik seperti Asiah yang begitu berperan dalam penyelamatan pemuka agama Yahudi, Musa AS dari kebengisan kepemimpinan Firaun.

Asiah hadir memberi warna tersendiri dalam upaya memelihara, membela dan menyelamatkan para pengikut Yahudi yang mengalami penindasan begitu rupa oleh Firaun. 

Asiah dengan naluri keibuan dan kelembutan sebagai perempuan mampu menyelamatkan Musa dari kebiadaban hukum yang diterapkan Firaun untuk membunuh setiap laki-laki yang lahir.

Pada era Islam begitu banyak perempuan yang memiliki peran fantastis; sebagai ibu yang sebenarnya, dengan kapasitas intelektual dan amaliah praktis di medan perang. 

Lihatlah Hafshah ibn Umar. Mantan isteri Khunais, seorang pejuang di perang Badr ini tidak hanya memiliki kepandaian membaca yang tidak dimiliki kaum perempuan saat itu. Hafshah kemudian menjanda di usianya yang baru 18 tahun.

Di usia kehamilannya memasuki 8 bulan, Hafshah tidak merasakan keberatan untuk mengirim logistik bagi mereka yang berhijrah dan bersembunyi di gua Hiro. Dalam tugas pengiriman logistik tersebut, Hafshah harus menempuh jarak yang sangat jauh dan melintasi banyak perbukitan di tengah kegelapan.

Dalam sejarah nasional kita diberi banyak contoh dan figur perempuan hebat yang menempatkan diri mereka sebagai pioneer di medan perang. Di Indonesia kita sebut di antaranya, Cut Nyak Dien dan Cut Mutiah dari Aceh yang begitu heroik melawan penjajah Belanda. Di Mesir kita kenal dengan nama Zaenab Al-Ghozali.

Era modern yang kita hidup sekarang ini tidak sedikit pula ditemukan kaum perempuan yang memiliki kapasitas dan daya juang yang luar biasa. Mereka berjuang dalam rumah tangga dan pendidikan. Mereka adalah pejuang generasi yang kelak mengukir sejarah.

Mereka tak kenal lelah saat melahirkan, membesarkan, merawat, menjaga  generasi untuk meyongsong kejayaan Islam.

Di tengah himpitan ekonomi kapitalis yang merongrong, kaum perempuan tetap berdiri tegak dengan segudang tugas yang melelahkan itu tanpa peduli dengan harga membumbung tinggi. Perempuan memang ajaib, di balik kelembutannya itu ada keperkasaan yang nyata. 

Tidak sadarkah kita bahwa dari rahim perempuan pula lahir para pemimpin berkelas dunia. Laki-laki sebagai pemimpin di rumah tangga tetapi perempuan melahirkan pemimpin dunia.[]


  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Fury Qonzano: Perempuan Itu Cantik dan Lembut Tapi Perkasa Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com