Latest News
Wednesday, July 3, 2019

Desa Hilihoru Ubah Jalan Berlumpur Menjadi Jalan Berbatu Melalui Dana Desa

Masyarakat Desa Hilihoru saat melakukan pembersihan.[Topan/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS - Program unggulan Pemerintah Pusat di bawah Pemerintahan Presiden Joko Widodo dari tahun ke tahun semakin merubah wajah perdesaan, dari tidak ada bangunan, kini desa dibanjiri dengan pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan, gedung sanggar, dan lain sebagainya.

Hal ini dirasakan langsung oleh Desa Hilihoru, Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias.

Menurut penuturan masyarakatnya, sejak 2015 pembangunan infrastruktur di desanya semakin berkembang.

"Sejak pemerintah kuncurkan ADD dan DD, pembangunan infrastruktur di Desa kami dari tahun  2015 hingga kini terus bertambah, bahkan jalan berlumpur kini sudah menjadi jalan berbatu," ucap Ama Desra warga Desa Hilihoru itu.

Lebih lanjut masyarakat Desa Hilihoru itu berkata jika saat ini masyarakat desanya yang mayoritas petani dapat menikmati akses jalan yang berbatu.

"Masyarakat Desa Hilihoru mayoritas bertani, maka dengan kuncuran dana desa yang dialokasikan untuk pembangunan jalan dapat membantu petani untuk meningkatkan produksi dan hasilnya dapat di pasarkan dengan baik karena akses jalan untuk menuju lokasi panen dapat dilalui kendaraan bermotor bahkan kendaraan roda empat sehingga hasil kebun masyarakat dapat terjual dengan harga maksimal," ucap masyarakat itu penuh kegembiraan.

Ditempat berbeda, Sekretaris Desa Hilihoru Sokhizaro Lafau menuturkan apa saja prioritas pembangunan Tahun Anggaran 2019 di desanya.

"Tahun lalu kita fokus untuk membangun Gedung Sanggar Budaya, namun di tahun ini 2019 Pemerintah Desa Hilihoru bekerjasama dengan BPD dan masyarakat desa kita fokus membangun jalan," ucap Sekdes.

Adapun pembangunan yang sedang dikerjakan saat ini adalah lanjutan pekerasan jalan dengan timbunan sirtu sepanjang 1.300 meter dengan lebar badan jalan 3 meter; Pekerjaan pembukaan dan pengerasan badan jalan sepanjang 350 meter; Pekerjaan TPT sepanjang 30 meter dan pembangunan dwiker plat 5 unit di dusun III menuju Dusun V Desa Hilihoru serta pembangunan teras gedung sanggar seni budaya.

Selain pembangunan fisik, Pemerintah Desa Hilihoru juga turut memberdayakan masyarakat dalam kegiatan pemuda dibidang olahraga, kegiatan PKK serta pemberian bantuan kepada gereja-gereja berupa sumbangan serta Natal Desa.

Pada pembangunan yang bersumber dari dana desa dan anggaran dana desa tersebut dipimpin oleh Ketua TPK Fanolo Lase, Sekretaris Faozanolo Telaumbanua, Anggota Fada, Aro Lase, Fatizalono Bawamenewi, Talizame Zebua. (Topan)
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Desa Hilihoru Ubah Jalan Berlumpur Menjadi Jalan Berbatu Melalui Dana Desa Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com