Latest News
Wednesday, July 3, 2019

Mubasyaroh*: Wisata Religi? Gunung Santri Pilihannya

Mubasyaroh
RADARINDONESIANEWS.COM, BANTEN - Gunung santri merupakan sebuah tempat obyek wisata religi yang terletak di kawasan Bojonegara, Kab. Serang, Banten. Di sekitar gunung santri ini juga terdapat beberapa perkampungan, yang diantaranya Kp. Beji, Kp. Banjar, Kp. Pangsoran. 

Menurut tulisan Putra Banten yang ada di blog wisata Banten, Sebenarnya Gunung Santri merupakan sebuah bukit, namun karena bentuknya yang menyerupai gunung serta posisinya juga dikelilingi oleh banyak gugusan gunung maka disebutlah bukit ini dengan nama Gunung Santri yang memiliki tinggi sekitar 600 meter.” Kenapa PutraBanten menuliskannya seperti itu? Karena saya pun penduduk asli Bojonegara jadi mengetahui bahwa memang Gunung Santri merupakan Sebuah Bukit.

pemandangan dari atas gunung santri
Para penziarah yang berkunjung ketempat ini disarankan harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat, hal itu dikarenakan kita harus menaiki banyak anak tangga untuk bisa sampai keatas puncaknya yang hanya bisa ditempuh dengan pejalan kaki. Tentu saja para pengunjung tidak perlu merasa khawatir jika saat ditengah perjalanan menuju puncak merasa lapar ataupun haus, karena memang disepanjang jalan menuju atas puncak Gunung Santri banyak para pedagang yang berjualan mulai dari minuman dingin yang berbagai rasa hingga makanan yang berupa Pecel dan makanan lainnya. Ada beberapa orang yang mengatakan jika kita naik ke Gunung Santri belum memakan pecel ditempatnya maka itu dirasa kurang lengkap, karena memang pecel merupakan makanan yang selalu ada disetiap penjual yang berjejer disekitar Gunung Santri.

Meski memang medan yang harus dilalui cukup berat namun hal itu bukanlah sebuah halangan bagi para pengunjung untuk tetap berziarah. Karena memang di puncak Gunung Santri terdapat sebuah masjid kecil yang didalamnya terdapat sebuah makam Waliyullah. Menurut warga sekitar makam yang berada didalam tersebut diantaranya makam Syaikh Muhammad Sholeh bin Abdurrahman yang wafat pada tahun 1550 M atau 95 H diusia 76 tahun, makam Syeikh Maulana Malik Isroil bin Abul Hasan Asy-Syadzili yang wafat pada tahun 1435 M, dan makam dari seorang ulama asal Persia yang bernama Maulana Muhammad Ali Akbar.

Gunung Santri dari kejauhan
Selain menjadi tempat yang kental dengan sejarah karena adanya tempat penziarahan makam Waliyullah, Gunung Santri juga mempunyai pesona keindahan alam tersendiri yang dapat menggugah mata siapa saja yang memandangnya. Karena saat para penziarah sudah mulai menaiki anak tangga yang ada ia akan disuguhkan dengan hijaunya pepohonan yang ada, dan birunya laut yang membentang luas, serta dapat melihat beberapa rumah-rumah yang berada di perkampungan sekitar Gunung Santri dari ketinggian. Tentu saja pemandangan tersebut dapat mengobati rasa lelah bagi para pengunjung, tidak heran jika banyak pengunjung yang mengabadikan pemandangan tersebut melalui foto ataupun video karena memang spotnya yang indah. Jadi Gunung Santri ini bukan hanya tempat wisata religi untuk orang-orang yang sudah tua melainkan untuk anak muda pun cocok.

Perlu diketahui, Gunung Santri biasanya ramai dikunjungi pada saat bulan Maulid, sebelum Ramadhan, selepas Idhul Fitri, hari akan menjelang musim haji, serta setiap hari Minggu. Pengunjungnya pun bukan hanya dari daerah Banten saja, melainkan dari luar Banten.[]

*Mahasiswi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Mubasyaroh*: Wisata Religi? Gunung Santri Pilihannya Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com