Latest News
Monday, July 1, 2019

Rektorat UIN Suska Bungkam Terkait 9 Tuntutan Aliansi Mahasiswa

RADARINDONESIANEW. COM,  RIAU  – Rektorat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) bungkam terkait sembilan (9) sikap dan tuntutan Aliansi Mahasiswa UIN Suska. Berikut sikap dan tuntunnya,
1. Meminta mengembalikan budaya Demokrasi Mahasiswa.
2. Menuntaskan masalah UKT yang mencekik Mahasiswa.
3. Menghapuskan Pakta Integritas Pengurus Ormawa.
4. Meminta Layanan Perpustakaan Fakultas sebagaimana mestinya.
5. mengeluarkan SK kepengurusan sesuai masa bakti satu tahun sebagaimana mestinya.
6. Transparansi Anggaran Mahasiswa.
7. Meningkatkan Fasilitas kampus Khususnya Keamanan dan Pembangunan Fasilitas olahraga (Sepakbola)
8. Menyelesaikan Pembangunan Masjid.
9. Mengembalikan Izin Kegiatan malam khususnya di civitas Ormawa.
Aksi yang digelar tersebut dilakukannya di dalam kampus UIN Suska yang diikuti puluhan mahasiswa.
Dalam aksinya, mereka menilai pihak universitas telah melakukan ketidakwajaran dalam menerapkan berbagai aturan dan terlebih telah melakukan diskriminasi maupun pengekangan terhadap mahasiswa.
Hal itu dikatakan Ketua BEM Fekonsos UIN Suska, Fachrul Auza’i saat dikonfirmasi Kabartoday.co.id, Sabtu (29/6/2019) malam.
Fachrul Mengatakan kebebasan berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat dilindungi secara konstitusi oleh negara pada Pasal 28 E ayat (3) UUD 1945.
Ia menilai kebebasan yang mewah ini harus di dapatkan oleh seluruh lapisan masyarakat tidak terkecuali mahasiswa, apalagi mahasiswa sebagai social control baik di lingkungan kampus, regional sampai nasional.
Namun dikatakan Fachrul keadaan miris telah terjadi di UIN SUSKA, Kampus tercinta. Ia menyebut telah terjadi pembungkaman dari lapisan mahasiswa, bahkan organisasi seakan tak perlu lagi bagi pihak Rektorat, Semua aturan dibuat sedemikian teliti untuk menutup suara perlawanan, mulai dari pakta integritas hingga pemilihan ketua lembaga mahasiswa yang aturannya tidak sedikitpun mencerminkan sistem kemahasiswaan.
“Hukum diciptakan untuk masyarakat bukan sebaliknya masyarakat untuk hukum, Begitulah teori yang sepantasnya kita ingatkan kepada seluruh elemen mahasiswa dan pimpinan yang telah diselewengkan semena-mena oleh pimpinan pada saat ini. “Ucap Fachrul.
Mirisnya prilaku dan aturan UIN Suska di ibaratkan Fachrul bahwa mahasiswa dengan Universitas sebagai ayah dan anak. Namun kenyataannya, mahasiswa seolah-olah telah dikebiri dengan hilangnya wibawa dihadapan ayahanda, padahal seharusnya ayah dan anak harus saling bergandengan agar tak ada saling prasangka.
“Jalur komunikasi kami tak dibuka, dan pihak kampus enggan berjumpa dengan mahasiswa. Kami menyuarakan, tetapi dianggap melawan, padahal kami hanya mengingatkan. “Ungkap Fachrul.
Lebih rinci ia memaparkan kegiatan kampus dipersulit, seolah-olah tak ada lagi hal bermanfaat yang bisa dibagi.
“Lucunya pimpinan lembaga dipilih oleh pribadi, seakan-akan tak ada kepercayaan pada mahasiswanya untuk memilih sendiri. Gerakan dianggap kegiatan tak bermartabat, namun berdiskusi tak pernah dilayani. “Ulas Fachrul.(Op/kabartoday)
  • Comments

0 komentar:

Item Reviewed: Rektorat UIN Suska Bungkam Terkait 9 Tuntutan Aliansi Mahasiswa Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com