Latest News
Tuesday, July 2, 2019

Uut Dwi Putri*: Manfaat Lebih Di Balik Kelezatan Salad Buah

Uut Dwi Putri
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA - Mendengar nama cemilan salad buah tentu saja sudah tidak asing bagi kita, bahkan sudah cukup familiar di kalangan masyarakat. Potongan dari beberapa buah yang dikemas dalam sebuah mangkuk dengan ditambahi sedikit mayonaise, susu, dan juga keju. Terkadang pada topping terakhir ditambah dengan buat ceri.

Salad ternyata dikonsumsi sejak zaman Romawi dan Yunani kuno. Kata salad sendiri berasal dari bahasa latin ‘sal’ yang berarti ‘garam’. Di zaman itu, garam merupakan bumbu yang dianggap sangat penting untuk memberi rasa pada makanan. Kata ‘sal’, kemudian diserap ke dalam bahasa Prancis kuno menjadi ‘salade’ dan di akhir abad ke-14 diserap dalam bahasa Inggris menjadi ‘salad’, atau ‘sallet’.

Bangsa Romawi dan Yunani Kuno juga sudah menyantap salad bersama saus dressing. Dalam sebuah buku masak yang dibuat pada 1699 berjudul Acetaria: A Discourse on Sallets, ditulis bahwa salad juga dibuat menggunakan seledri, truffle, chervil, irisan telur rebus, serta saus creamy yang terbuat dari mustard. Setelah masa kerajaan Romawi, salad menjadi begitu populer di seluruh penjuru dunia. Meski begitu, Amerika serikatlah yang mempopulerkan salad pada akhir abad ke-19. Salad versi AS dianggap memiliki variasi yang paling banyak. Termasuk salah satunya adalah salad buah.

“Saya sangat suka sekali dengan salad buah, campuran potongan buah apel, semangka, melon, pepaya, buah naga, dan segala macam. Terus ditambah lagi ada keju, mayonaise, susu, sama yogurt. Jadi pas di makan itu rasanya mix gitu antara manis, asin, asem sama segarnya buah menjadi satu sensasi, selain itu harganya juga murah” ujar Erna salah satu konsumen salad buah.

Dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000 sudah bisa membeli semangkuk salad buah yang lezat. Dan tentu saja selain rasa yang lezat, salad buah memiliki kaya akan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita dan tidak ada kandungan kolesterol dan lemak yang bisa menyebab kan berbagai macam penyakit.

Komposisi salad yang pada umumnya digunakan adalah potongan-potongan dari buah pepaya, semangka, buah naga, melon, apel, dan juga strawberry. Buah pepaya kaya akan Vitamin A, buah melon dan strawberry kaya akan Vitamin C, buah semangka kaya akan Vitamin A dan C, dan juga buah naga dan apel kaya akan mineral dan serat. Dan juga tambahan keju dan moyonaise yang memiliki protein dan juga vitamin. Tentu saja semua itu sangat memiliki manfaat baik bagi kesehatan manusia.

Dalam semangkuk buah salad saja sudah banyak vitamin, mineral, serat, serta protein. Bisa dibilang mengkonsumsi salad buat merupakan nyemil yang menyehatkan, dan juga sangat cocok untuk orang-orang yang ingin berdiet. Maka tak heran, salad buah ini banyak digemari oleh masyarakat karena kelezatannya dan juga manfaat yang begitu banyak, dan juga salad buah ini mudah didapatkan di berbagai tempat.[]

*Mahasiswi Pendidikan Agama Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Banten
  • Comments

1 komentar:

Lulu Alfiana said... Jul 2, 2019, 9:34:00 AM

Iya nih, recomended banget buat kalian yang mau hidup sehat..

Item Reviewed: Uut Dwi Putri*: Manfaat Lebih Di Balik Kelezatan Salad Buah Rating: 5 Reviewed By: radarindonesianews.com