by

Cari Tahu Kepintaran Bahasa Si Kecil Lewat Celotehnya

ilustrasi[radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Mendengar celoteh si kecil, rasanya ingin selalu tertawa. Ia selalu memiliki cara tersendiri untuk mengungkapkan maksudnya. Kemampuan bahasa anak bisa diketahui dari berbagai macam cara, seperti lewat tulisan, pemahaman kosakata, atau bisa juga dilihat saat ia mulai belajar berbicara.

Tapi, saat si kecil belum berhasil mengutarakan maksudnya dengan kata-kata, para ibu tidak perlu khawatir. Sebab, hal tersebut bukan berarti ia tidak memiliki kepintaran bahasa. Akan tetapi, karena #BedaAnakBedaPintar membuatnya masih belajar mengolah kata yang dimilikinya dengan cara yang berbeda.

Celotehan dan cerita si kecil yang lucu, terkadang membuat ibu senang. Seperti Giselle, Rara, Ali dan Evan yang bercerita lucu tentang kancil dan buaya berikut ini.

“Aku punya cerita, tentang si kancil yang cerdik. Pada suatu hari, ada seekor kancil, dia mau menyeberangi sungai yang sangat besar. Tapi, dia bingung gimana ya caranya melewati sungai yang sangat besar ini,”kata Giselle.

“Karena di sungai yang besar itu ada buaya warnanya hijau, kulitnya seperti nanas, suka makan penguin,”ujar Ali lucu.

Terlihat di video tersebut jika kepintaran bahasa atau Word Smart Giselle lebih mudah dimengerti. Bukan hanya dari pemilihan kosakata saja, tapi juga dari mimik wajahnya yang ikut berbicara.

Karena #BedaAnakBedaPintar, para orangtua harus lebih jeli mengenali kepintaran si kecil ya. Dr. Howard Gardner dari Harvard University mengatakan bahwa orang tua perlu memahami kepintaran anak terlebih dahulu supaya bisa membantu mengoptimalkan kemampuan anak melalui kepintarannya yang lebih dominan. Kenali dengan baik apakah kepintaran anak menonjol dari Music Smart, Self Smart, Number Smart, Word Smart, Nature Smart, Body Smart atau Picture Smart, karena #BedaAnakBedaPintar.

Nah, jika Giselle lebih menonjol pada Word Smart, bagaimana dengan sang buah hati? Yuk, cari tahu dengan mengikuti ProGOLD Parenting Club mulai sekarang. Melalui laman ini, para orangtua bisa mengetahui lebih lanjut mengenai #BedaAnakBedaPintar. Dukung juga tumbuh kembang si kecil dengan asupan nutrisi yang tepat ya. (adv/ayu)

Comment

Rekomendasi Berita