by

Bupati Nias Launching Kegiatan Peringatan Terjadinya Gempa Bumi

RADADINDONESIANEWS.COM, NIAS – Dalam rangka memperingati peristiwa terjadinya Gempa Bumi yang melanda Nias sebelas tahun lalu tepat pada Tahun 2005 silam, pada peringatan peristiwa yang sangat menyedihkan tersebut pada tahun 2016 kali ini’ Pemerintah Kabupaten Nias melaksanakan berbagai kegiatan kemanusiaan, pembukaan kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Sisobalauru Kecamatan Hiliduho pada hari Senin, 21/03/2016.

Kepala BPBD KAB. NIAS ELIZARO WARUWU, SE dalam laporannya selaku ketua pelaksana kegiatan peringatan Gempa pada tahun 2016 menyampaikan : Kegiatan ini bertujuan mengenang kembali tragedi peristiwa terjadinya gempa bumi tanggal 28 maret 2005, di kepulauan Nias yang merenggut harta benda dan membuat penderitaan jiwa dan raga, bahkan menelan korban nyawa manusia serta merusak tatanan kehidupan masyarakat, kegiatan ini mengajak masyarakat kabupaten nias untuk lebih aktif mencegah bencana, mengurangi risiko bencana dan menanggulangi bencana sehingga diharapkan dengan kegiatan ini menjadikan masyarakat kabupaten nias yang tangguh menghadapi bencana. kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 21 s/d 28 maret 2016 dengan jenis kegiatan yaitu : Pengobatan gratis kepada warga masyarakat, Sosialisasi tentang pencegahan, mitigasi dan penanggulangan bencana, Pemutaran film dokumenter. Menurut ELIZARO WARUWU bahwa kegiatan ini dilaksanakan di beberapa desa di Kabupaten Nias yakni : Desa Sisobalauru Kecamatan Hiliduho, Laowo Hilimbaruzo Kecamatan Idanogawo, Desa Somi Botogo’o Kecamatan Gido dan Desa Ehosakhozi Kecamatan Hiliserangkai.

Selanjutnya Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM mengatakan bahwa tragedi gempa bumi dan tsunami yang melanda aceh dan sekitarnya pada tahun 2004 serta gempa bumi yang terjadi di kepulauan nias pada tanggal 28 maret 2005 beberapa tahun yang lampau, telah mendorong perhatian serius pemerintah kabupaten nias untuk mengingat kembali peristiwa tragedi kemanusiaan yang menelan korban harta benda dan membuat penderitaan jiwa raga bahkan menimbulkan korban jiwa para saudara-saudari kita.


Senada dengan laporan Kepala BPBD, Bupati Nias menyampaikan : bahwa melalui pelaksanaan peringatan terjadinya gempa bumi di nias tahun ini, beberapa rangkaian kegiatan sosial yang dilaksanakan tentunya bertujuan untuk mewujudkan rasa kepedulian pemerintah kepada seluruh warga masyarakat, sekaligus meringankan beban penderitaan yang ada selama ini selain merefleksikan ingatan kita bagaimana peristiwa yang telah terjadi dimasa lalu.

Mengakhiri penyampaiannya Bupati Nias mengatakan : bahwa bencana dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, yang bisa merusak berbagai fasilitas umum, menghilangkan nyawa dan akhirnya dapat merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat. oleh sebab itu Bupati berharap kiranya seluruh element masyarakat tetap waspada dan mengupayakan berbagai kegiatan untuk mengurangi risiko bencana melalui pencegahan dan kesiapsiagaan bencana. (Rinus)

Comment

Rekomendasi Berita