by

Pesona Etnik Indonesia, Perhelatan Perdana Fashion Di Tahun 2016

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Dunia fesyen Indonesia terus berkembang. Belakangan para desainer Indonesia mulai tertarik menampilkan gaya gaya etnik khas Indonesia. Tetapi hal itu belum maksimal. Untuk menjaring konsumen, masih banyak desainer yang menghadirkan busana gaya Barat.

Melihat fenomena ini, Raizal Rais atau Boeyoung, perancang busana di era 90 an, merasa prihatin. Menurutnya warisan budaya Indonesia merupakan hal yang menarik bagi wisatawan dunia. Jika desainer mengubah gaya busana menjadi merek Eropa seperti Gucci, MaxMara, Louis Vuitton maka Indonesia tidak memiliki nilai lebih di mata luar negeri.

Indonesia memiliki akar budaya yang kuat, dengan segudang tradisi dan seni. Tidak ada negara yang memiliki kekayaan budaya dan kain yang beragam seperti Indonesia. Semua hal yang dicari wisatawan ada di sini, termasuk keetnikan khas tanah air dan fesyen tradisonal.

Toby Meadow, konsultan bisnis fesyen dari Centre For Fashion Enterprise, London pernah mengatakan: “Desainer Indonesia harus tetap menampilkan gaya gaya busana yang etnik dan khas jika ingin menarik investor atau pembeli dunia”

Bersama sejumlah desainer senior lainnya, Raizal Rais membentuk Komunitas Desainer Etnik Indonesia atau KDEI. Tujuannya adalah memberikan wadah komunikasi antar desainer yang secara konsisten mengangkat tekstil-Wastra Tradisi Nusantara ke dalam karya karyanya sehingga dapat mengangkat harkat martabat profesi desainer Etnik Indonesia dalam reka bentuk rancangan motif motif baru dan yang terus dilestarikan. Sehubung dengan tujuan dan maksud tersebut Komunitas Desainers Etnik Indonesia dapat bekerjaama dan bermitra sejajar dengan produsen tekstil tradisi di seluruh nusantara.

Merujuk atas reka bentuk rancangan motif – motif baru berdasar seni budaya etnik Nusantara dan motif motif yang harus dilestarikan dan menjadi pijakan dalam kreatifitas gubah motif baru berdasarkan seni budaya etnik Nusantara, khususnya seni wastra Nusantara.

Ide mendirikan KDEI dimulai sejak 2 tahun silam. Raizal raisz sebagai Ketua umum, Samuel wattimena sebagai Wakil Ketua 1, Thomas Sigar sebagai Wakil Ketua 2, dan Corrie Kastubi sebagai Wakil ketua 3. Namun karena kesibukannya, Samuel dan Thomas mengundurkan diri. Dalam kepengurusan saat ini, raizal raisz tetap sebagai Ketua Umum, dan Wakil Ketua dijabat oleh Corrie Kastubi.

Hingga saat ini anggotanya telah mewakili 18 propinsi di Indonesia yakni: Aceh Darusalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Lombok, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Papua.

PERHELATAN PERDANA DI TAHUN 2016

Di awal Maret 2016 ini, Komunitas Desainers Etnik Indonesia ( KDEI ) bekerjasama dengan Cinere Bellevue Mall, salah satu proyek pengembang properti PT.Magapolitan Developments Tbk, akan menggelar acara peragaan busana etnik. Acara Fashion Show yang dilaksanakan di Cinere Bellevue pada 8 Maret 2016 ini, akan menampilkan karya 70 desainers yang berasal dari 18 propinsi di Indonesia.

Kita dapat menyaksikan karya karya para desainers muda berbakat yang kreatif dan berani. Kecuali itu, pehelatan fashion show yang mengusung nama: Pesona Etnik Indonesia ini, akan menjadi ajang reuni para desainers dengan nama nama besar seperti Itang Yunazs, Ida Royani, Raizal Raisz, Stephanus Hamy, dan Corrie Kastubi , di atas panggung. Ini akan menjadi pelepas rindu untuk melihat karya karya mereka kembali di dunia fesyen Indonesia.

Pakaian karya Didiet maulana juga akan mengisi acara ini. Didiet Maulana adalah perancang muda yang tengah naik daun karena rancangan tasnya menjadi hadiah untuk para selebritis dunia, yang hadir di malam penghargaan Grammy Awards, salah satu acara penghargaan bergengsi insane music dunia di Amerika.

Acara Pesona Etnik Indonesia ini, digelar dalam rangkaian, pembukaan Designers Gallery Ethnic dan sekaligus peresmian Komunitas Desainer Etnik Indonesia.

Acara dibuka pada tanggal 6 Maret 2016 dan akan berlangsung hingga….2016. Pada tanggal 7 Maret ada talk show dengan tema…. Pembicaranya adalah….

Acara puncak pada Selasa 8 Maret 2016 akan menampilkan fashion show 70 orang desainer dalam rancangan bertema etnik Indonesia.

Menjaga kearifan local Indonesia tak selalu disampaikan dalam promosi pariwisata tetapi juga dapat disampaikan dalam dunia fesyen Indonesia, dengan memperomosikan kekayaan budaya dan seni Indonesia melalui keragaman kain Indonesia.

Comment

Rekomendasi Berita