by

Bupati Nias; Melalui Hut Kartini Dukung Kesetaraan Gender

RADARINDONESIANEWS.COM, Nias – DPW Kabupaten Nias dan TP-PKK Kabupaten Nias, menggelar serangkaian acara dalam rangka Peringatan Hari Kartini yang dilaksanakan pada hari Kamis, 28 April 2016 di pendopo Kabupaten Nias.

Peringatan Hari Kartini kali ini mengusung tema “Dengan semangat kartini kita tingkatkan kualitas keluarga yang mandiri dan Kreatif” Tema tersebut terinspirasi semangat ibu-ibu Dharma Wanita dan PKK Kabupaten Nias yang tanpa kena lelah terus berkarya, berkreasi dan berkreatifitas demi keberlangsungan kehidupan yang harmonis dan dinamis. Hal ini menunjukan bahwa spirit R.A Kartini yang usahanya memajukan kaum wanita telah merasuk dalam sanubari ibu-ibu seluruh Anggota Dharma Wanita dan PKK Kabupaten Nias. sebagaimana laporan Ketua pelaksana NY.ADI FONASO LAOLI.

Dalam rangkaian acara memperingati Hari Kartini Tahun 2016 dimeriahkan dengan Lomba berbusana Kartini, Lomba Merangkai Bunga Meja hidup dan Lomba membuat Kulit Ketupat yang diikuti oleh unsur DWP dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Nias, dan pada Hari Kamis 28 April 2016 Puncak Peringatan Hari Kartini ke – 137 Kab. Nias Tahun 2016.

Penasehat DWP Kabupaten Nias NY.TIKNA MURNI S. LAOLI mengatakan marilah kita meneruskan cita-cita ibu Kartini, memperjuangkan hak-hak perempuan, membangun kecerdasan,dan menebar kedamaian diatas muka bumi ini. Kartini masa kini adalah Kartini yang mandiri Dan kreatif yakni tetap berprestasi, cerdas, kritis dan berani melakukan terobosan untuk suatu perubahan yang lebih baik dalam keluarga dan untuk kemajuan bangsa dan negara yang kita banggakan ini. Semoga semangat kartini dalam melahirkan pencerahan dan perubahan selalu kita gelorakan demi kemajuan kaum perempuan dan demi generasi penerus bangsa yang berkualitas,ujar Ny.Tikna Murni S.Laoli.

Sementara Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pembangunan di Kabupaten Nias yang kita cintai ini, khususnya di bidang pemberdayaan perempuan peran dan partisipasi kaum perempuan sebagai motor penggerak. dalam upaya meningkatkan kesehatan khususnya Ibu dan Anak, menurunkan angka kematian Ibu melahirkan dan angka kematian Bayi, mendukung dan memotivasi Anak-anak kita agar mau belajar dan menuntut Ilmu, mendukung Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan perempuan.

Lebih lanjut Bupati Nias peranan kaum perempuan tak terlepas dari dukungan Bapak atau Suami. Dengan harapan suami terus memberikan dukungan, toleransi dan mengikhlaskan sebagian waktu kepada Ibu-ibu sehingga keterampilan dan SDM kaum Ibu semakin meningkat.

Pada akhir sambutannya beliau menghimbau kepada Ibu-ibu atau seluruh kaum perempuan, baik yang berada di tempat ini maupun yang berada di tempat lain di wilayah Kabupaten Nias, Agar menjadi motivator dan motor penggerak dalam mendukung kegiatan pemerintah, baik di bidang pembangunan maupun di bidang sosial kemasyarakatan, terutama di wilayah Kabupaten Nias yang kita cintai ini.(MM)

Comment

Rekomendasi Berita