by

Di Usia 20an, Tuntutan untuk Lebih Dewasa Kadang Bikin Stres

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Setiap orang punya fase kehidupannya sendiri. Tak bisa seseorang tiba-tiba jadi dewasa tanpa melalui sejumlah proses dan pengalaman. Tua itu pasti, tapi dewasa itu belum tentu bisa dimiliki setiap pribadi.


Khususnya ketika kamu sudah memasuki usia 20an. Di fase ini, umumnya kamu akan dituntut untuk jadi orang yang lebih bijak dan dewasa. Ada banyak tanggung jawab dan peran baru yang harus kamu punya. Dan hal ini kadang bikin kita jadi tertekan dan stres sendiri. Tapi bukan berarti kamu nggak bisa menikmati hidupmu, Ladies.

Go Traveling, Find the Hidden Treasure!
Mumpung tubuh masih sehat dan ada kesempatan, perlu juga untuk sesekali meluangkan waktu khusus untuk traveling. Jelajahi tempat-tempat baru. Temukan pengalaman-pengalaman unik. Kenali orang-orang baru dan budaya baru di tempat yang masih asing. 


“Once you have traveled, the voyage never ends, but is played out over and over again in the quietest chambers. The mind can never break off from the journey.”
― Pat Conroy

Perkaya pengalamanmu dengan menjelajah tempat-tempat baru. Belajar langsung dari apa yang kamu lihat, dengar, dan rasakan. Akan kamu temukan berbagai keindahan dan pelajaran hidup yang memperkaya dirimu. Kamu akan melihat sesuatu dari sudut pandang baru yang berbeda sama sekali. Hal ini nantinya jadi bekal penting dalam hidupmu bahwa jadi dewasa itu memang penuh tantangan baru tapi selalu ada jalan keluar untuk mengatasinya.

Perjuangkan Mimpi Terbesar dalam Hidupmu
Agar nggak gampang stres atau tertekan selama hidup, lakukan sesuatu yang kamu suka dan perjuangkan impian terbesarmu. Berikan makna dalam hidupmu. Saat kamu sudah punya alasan untuk hidup, maka kesulitan atau tantangan seberat apapun yang menghadangmu tak akan jadi perkara yang terlalu besar lagi. Karena kamu tahu bahwa setiap ujian dan tantangan yang ada itu adalah batu loncatan untuk membuatmu makin kuat dari waktu ke waktu.

“Love what you do and do what you love. Don’t listen to anyone else who tells you not to do it. You do what you want, what you love. Imagination should be the center of your life.”
― Ray Bradbury 


Fase usia 20an adalah fase penting dalam hidupmu. Memang akan ada banyak konflik dan krisis yang kamu hadapi. Tapi kalau kamu berhasil melewatinya, kamu akan lebih percaya diri dan mudah untuk melanjutkan hidupmu ke depannya lagi. Tuntutan jadi dewasa di usia 20an memang bikin stres tapi selalu ada cara untuk bisa mengatasinya.

Buat Karya-Karya Terbaikmu
Ubah setiap tekanan dan masalah yang ada jadi “bahan bakar” untuk berkarya. Ubah energi negatif yang ada jadi positif dengan berkarya. Meski kamu merasakan tekanan atau tuntutan untuk jadi orang yang lebih dewasa di usia 20an, kamu masih punya banyak kesempatan untuk berkarya dan menciptakan sesuatu yang bermakna dalam hidupmu.

Di usia 20an, tuntutan untuk menjadi lebih dewasa kadang bikin stres dan tertekan. Meski begitu, kamu akan selalu punya cara untuk melewati dan mengatasinya dengan caramu sendiri yang lebih positif. You are the one who decides.[VEM]

Comment

Rekomendasi Berita