by

Pendaftaran Simak UI 2016 Mulai Dibuka

RADARINDONESIANEWS.COM, DEPOK — Universitas Indonesia (UI) kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui Seleksi Masuk UI (Simak UI). Pendaftaran ini terbuka bagi lulusan SMA yang ingin melanjutkan studi ke jenjang vokasi (diploma tiga) maupun sarjana serta jenjang profesi, spesialis, magister, dan S-3.

Kepala Humas UI Rifelly Dewi Astuti mengatakan, pendaftaran Simak UI akan dilakukan secara dalam jaringan (daring) melalui laman penerimaan.ui.ac.id hingga 20 Mei 2016. Adapun ujian tertulis vokasi (D-3), S-1 reguler, dan S-1 paralel akan dilaksanakan pada 5 Juni 2016 secara serentak di 17 kota yang tersebar di seluruh Indonesia dan satu lokasi di luar negeri, yaitu Qatar. Sementara, ujian S-1 kelas internasional, kata Rifelly, akan dilaksanakan pada 29 Mei 2016.

Pada tahun ini, menurut dia, UI akan menyediakan 2.537 bangku. “Kuota ini untuk vokasi, sarjana reguler, sarjana paralel, maupun sarjana kelas internasional,” kata Rifelly melalui keterangan tertulisnya, Senin (18/4).

Dia juga menyatakan terdapat hal baru dalam pelaksanaan Simak UI kali ini. Ujian tertulis bagi peserta jenjang vokasi dan sarjana (reguler, paralel, dan internasional) tidak lagi mengujikan materi IPA terpadu dan IPS terpadu. Dengan demikian, materi ujian pada Simak UI 2016 di kelompok IPA akan terdiri atas matematika dasar, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris (kemampuan dasar). Kemudian, materi matematika IPA, fisika, kimia, dan biologi (kemampuan IPA) juga.

Selanjutnya, pada kelompok IPS, lanjut dia, akan terdiri atas kemampuan dasar dan ekonomi, sejarah, geografi, sosiologi (kemampuan IPS). Berkaitan kelompok IPC akan memgerjakan materi ihwal kemampuan IPA, kemampuan IPS dan kemampuan dasar.

Lebih lanjut, materi ujian bagi peserta sarjana kelas internasional, yakni Mathematics for Natural Science, Biology, Physics, Chemistry untuk Kelompok IPA. Kemudian Basic Mathematics, Economy, Sociology, Indonesia and The World A, Indonesia and The World bagi Kelompok IPS.

Pada tahun ini, kuota Simak UI ditetapkan sebesar 20 persen dari total mahasiswa baru yang diterima UI. Sisanya, tambah dia, akan diterima melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) sebesar 40 persen. Selanjutnya, pada seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) sebesar 40 persen.[rol]

Comment

Rekomendasi Berita