by

Tanggap Bencana, Korem 083/BDJ Gelar Latihan di Kodim Lumajang

RADARINDONESIANEWS.COM, LUMAJANG –  Kasiops Rem 083/Baladhika Jaya Letkol Inf Zulkarnaen Dwi Peristianto mewakili  Danrem 083/Baladhika Jaya hadir sekaligus membuka pembukaan Latihan Posko-I yang digelar oleh Korem 083/Bdj di satuan Kodim 0821/LumajangM Senin (30/05/2016). Latihan dengan sandi ” Baladhika Siaga-16 ” tersebut akan dilaksanakan selama 3 hari (30 Mei s.d 01 Juni 2016) dengan menitikberatkan bagaimana cara bertindak dan mekanisme tentang penanganan bencana alam khususnya bencana Erupsi letusan Gunung Semeru.

Latihan Posko ini merupakan latihan yang diselenggarakan secara rutin pada setiap tahunnya yang diselenggarakan oleh Korem 083/Baladhika Jaya kepada satuan Kodim jajaran. Berbekal bahan materi yang telah disesuaikan dengan kondisi dan situasi masing-masing wilayah, diharapkan Kodim setempat dapat memahami tugas dan prosedur tetap (Protap) yang telah ditentukan dengan baik dan benar oleh Komando atas. Sementara itu koordinasi antar aparat terkait di wilayah juga sangat menunjang untuk menumbuhkan kebersamaan dan kecepatan penanganan korban yang diakibatkan oleh bencana alam tersebut.

Kasiops Rem 083/Baladhika Jaya mewakili Komandan Korem juga menyampaikan bahwa tujuan utama dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kesiapsiagaan personel dan materiil serta kemampuan menggunakan alat peralatan yang tersedia sesuai tugas pokok dan fungsi instansi jajaran masing-masing dengan berpedoman pada doktrin, bujuk dan peraturan yang mendasari pola pemberian bantuan kepada Pemerintah Daerah dalam bidang Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sebagaimana yang telah diatur dalam UU RI No. 34 tentang TNI.

”Kita semua berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya sekedar seremonial belaka, namun lebih pada peningkatan kualitas dan kuantitas serta selalu mengevaluasi setiap kegiatan, agar apabila sewaktu-waktu terjadi bencana alam di jajaran wilayah masing-masing dapat segera mengaplikasikan materi latihan ini secara nyata dan optimal dilapangan ”, tegas Kasiops Rem 083/Bdj. (Penrem 083/Bdj).

                                                                                    

Comment

Rekomendasi Berita