by

Babinsa Sumber Kejayan, PPL dan Kelompok Tani Adakan Penyemprotan Hama Wereng

Babinya Kejayan saat lakukan penyemprotan.[sis/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, JEMBER –  Desa Sumber Kejayan sebagai salah satu desa di Wilayah Kec Mayang memiliki lahan pertanian yang cukup luas sekitar 231 Ha, dan merupakan penghasil padi berkualitas di Kabupaten Jember.
 
Pada Rabu 22/06 Babinsa bersama PPL dan Kelompok Tani “Fajar Tani” Dsn Krajan Ds Sumber Kejayan bersama-sama melaksanakan pengendalian hama wereng yang mulai menyerang tanaman padinya yang sudah usia hampir panen.
Kondisi tersebut bermula adanya beberapa petani yang mengeluh dengan datangnya hama wereng yang mulai mengganggu tanamannya, ujar H Abdullah Ketua Kelompok Tani tersebut yang memiliki lahan keseluruhan sekitar 35 Ha dengan 16 anggota.
Selanjutnya Babinsa Sertu Rusdianto  bersama PPL sepakat untuk segera mengadakan pengendalian sehingga hama tanaman tersebut tidak sempat meluas menyerang pertanian disekitarnya.
Komandan Koramil 0824/08 Kapten Arm Fathulloh saat kami konfirmasi disela-sela kegiatan tersebut yang hadir bersama Ka UPT Pertanian Kecamatan Mayang Sunardi menyampaikan bahwa walaupun di Bulan Ramadhan ini aktifitas kita tidak berkurang termasuk memonitor petani dilahannya, sehingga segera diketahui apabila ada permasalahan utamanya hama yang mengancam produktifitas pertanian.
Dandim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, SIP saat kami konfirmasi diruang kerjanya menyampaikan bahwa kegiatan pendampingan oleh Babinsa utamanya di Wilayah Kec Mayang memang diharapkan lebih intensif, karena disana sepanjang tahun petani bersikeras untuk menanam padi.
Hal inilah yang mengakibatkan kita agak kesulitan manakala ada pengendalian hama seperti ini karena kegiatan tidak bisa serempak, bahkan ada yang sudah panen saat ini namun demikian Babinsa bersama PPL sudah sedapat mungkin mengubah per kelompok tani sehingga satu kelompok melaksanakan tanam serempak guna sedikit memudahkan pengendalian hamanya, “tegas Muhammad Nas. (sis24)
  

Comment

Rekomendasi Berita