by

Faduhusi Daely, S.Pd Laksanakan Kegiatan Penanaman Padi Perdana

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS BARAT – Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd melaksanakan kegiatan perdana penanaman padi secara masal bersama Poktan di Desa Iraonogambo Kecamatan Mandrehe, Rabu.8/6/2016 yang didampingi oleh Wakil Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, Ketua TP. PKK, Wakil Ketua TP.PKK, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat, Pabung Nias Barat, Danramil Mandrehe, Pimpinan SKPD, Tokoh Masyarakat, para Penyuluh Pertanian Lapangan serta Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat.

Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat pada sambutannya menghimbau kiranya petani tani selalu mengikuti pola tanam yang benar sesuai petunjuk PPL untuk membuahkan hasil panen yang memuaskan.

Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely, S.Pd dalam arahannya menyampaikan bahwa padi salah satu komoditi pertanian yang dapat memenuhi kebutuhan sandang pangan masyarakat. Dari laporan Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Nias Barat diketahui bahwa hasil produksi dan produktivitas di Kabupaten Nias Barat masih belum mencukupi untuk mendukung program pemerintah tentang ‘’swasembada pangan’’. Oleh karena itu, peningkatan produksi pertanian menjadi salah satu fokus utama dalam program peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Nias Barat.

Peningkatan produksi pertanian tidak terlepas dari managemen/cara menanam padi yang baik dan mengikuti petunjuk dari petugas yang membidangi pertanian. Peran dari petugas yang membidangi pertanian memegang peranan penting dalam memberikan petunjuk bagaimana cara menanam padi yang baik. Dengan managemen padi yang baik akan dapat meningkatkan produksi.

Pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Nias Barat menaruh perhatian penuh terhadap peningkatan produksi guna pencapaian program pemerintah yaitu swasembada pangan.

Salah satu upaya yang telah dilakukan selama tahun anggaran 2016 antara lain memberikan benih padi secara gratis kepada masyarakat. Selanjutnya Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd berharap agar produksi beras di Kabupaten Nias Barat dapat meningkat sehingga program Pemerintah untuk peningkatan produksi bahkan swasembada pangan ke depan dapat tercapai.(S.GULO)

Comment

Rekomendasi Berita