by

HUT RI Moment Meracik Dan Mengoreksi Nilai Kebangsaan Kita

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA  – HUT RI Ke 71 dengan segala kemeriahannya usai sudah. Kemeriahan yang patut kita syukuri bahwa atas Rahmat Allah SWT  dan perjuangan para pahlawan yang gugur di medan perang, akhirnya Indonesia merdeka.

Namun perlu kita bersedih bahwa perjuangan para pahlawan yang mengorbankan jiwa dan raga mereka hanya diperingati dengan “kegembiraan” belaka tanpa ada rasa yang mampu memberi pembelajaran bagaimana sebuah kemerdekaan itu diraih.
Bagaimana Pangeran Diponegoro, KH. Agus Salim, Ki.Hajar Dewantoro, Sentot Alibasyah Prawirodirjo dan para pahlawan lain yang ikut berjuang demi kemerdekaan Indonesia justeru luput dari kehidupan kita. Kita lupa dengan sejarah mereka yang telah meneteskan darah demi kemerdekaan yang kita nikmati sekarang.
Begitupun dengan para veteran dan keluarga yang hingga kini masih hidup. Kita lupakan mereka dengan kehidupan yang menyedihkan baik dari segi sandang, papan maupun pangan. Mereka hidup di negeri yang telah mereka perjuangkan dengan kehidupan yang sangat mengenaskan.
Gaya hidup dan kehidupan politik kita selama ini justeru telah melengserkan mereka dari panggung kehidupan yang terhormat. Mereka tergusur, mereka tersingkir dan mereka termarginalkan dalam kehidupan bermasyarakat. Sebuah fenomena yang tidak layak terjadi di negeri yang katanya santun dan beradab ini. Padahal kita paham betul bahwa “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya.”
Peringatan HUT RI yang kita lakukan tidak lebih hanya berisi pertunjukan seni, budaya dan hiburan semata. Tidak menyentuh kepada hakikat dan nilai perjuangan para pahlawan yang telah gugur demi perjuangan dan kemerdekaan itu sendiri. Peringatan HUT RI yang kita rayakan setiap tahun hanya sekedar seremonial yang terus melupakan jasa para pahlawan dan mengenyampingkan nilai dan arti perjuangan yang mereka lakukan.
Veteran yang masih hidup tidak mendapatkan penghargaan dan penghormatan yang semestinya apatah lagi mereka yang telah mati. Kita tidak pernah mau mewariskan semangat juang para pahlawan dengan mendekat kepada para veteran dan mengambil pelajaran dari mereka tentang arti perjuangan dan kepahlawanan. 
Meskipun sudah 71 tahun kita rayakan HUT RI namun antara peringatan dan perjuangan kemerdekaan hingga kini tidak pernah melahirkan nilai kebangsaan yang kuat dan mendalam baik dari segi politik, ekonomi, sosial dan budaya.
Peringatan kemerdekaan seharusnya menjadi momen bagi kita meracik dan mengoreksi nilai kebangsaan yang selama ini terhempas dari kehidupan kita.[GF]

Comment

Rekomendasi Berita