by

Danramil 0824/13 Rambipuji Berikan Materi Wawasan Kebangsaan Kepada IPNU

RADARINDONESIANEWS.COM, JEMBER –   Bertempat di Pondok Pesantren An Nur Dsn Krajan Kidul Ds Rambigundam Kec Rambipuji pada Minggu 18/07/2016 Pukul 09.00 Wib dilaksanakan Ngaji Panguripan Rogone Manungso    (NGAPUR ROSO) atau kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia Pengajian Kehidupan Raga Manusia, yang diselenggarakan oleh Ikatan Pemuda Nahdlatul Ulama (IPNU) Pimpina Ranting Rambipuji.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh 50 orang anggpta IPNU Rambipuji dan pada pengajian tersebut di berikan berbagai materi diantaranya Materi Wawasan Kebangsaan yang diberikan oleh Danramil 0824/13 Rambipuji Kapten Inf Harsono.
Pada kesempatan tersebut Harsono menyampaikan paparan yang diberikan judul Membangun Karakter Pemuda Indonesia, yang dijelaskan bagaimana seharusnya pemuda diera globalisasi seperti saat ini dengan berbagai modernisasi dan multi pengaruh.
Kesiapan mental, kesiapan pengetahuan dan wawasan akan kebangsaan sangat dibutuhkan apabila ingin berperan serta mempertahankan keselamatan bangsa, keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  
Dimensi ancaman terhadap karakter pemuda sebagai generasi penerus bangsa sangatkan signifikan hal tersebut dapat kita temui disetiap media cetak maupun telivisi dimana banyak kaum muda yang terjebak pada berbagai permasalahan yang sangat merugikan kelangsungan bangsa kedepan, diantaranya narkoba, isu-isu radikal, pergaulan bebas dan lain-lain.
Bahkan Harsono juga memberikan gambaran dimensi ancaman Bangsa Indonesia saat ini dan dimasa mendatang diantaranya, proxy war yaitu perang proxy yang samar akan siapa kawan siapa lawan, dengan proxy war tersebut kita dibuat tidak terasa dikendalikan pihak asing untuk mersusak persatuan dan kesatuan sebagai sendi kekuatan Bangsa Indonesia, dengan propaganda dan isu-isu melawan kebijakan pemerintah sehingga sekelompok orang tergerak untuk berunjukrasa bahkan anarkis dan lain-lain.
Belum lagi masalah krisis energy yang mengancam dunia, dimana semnakit tahun penduduk dunia semakin meningkat, sehingga konsumsi akan energy, air dan pangan semakit meningkat pula, sedangkan sumberdaya alamnya semakin habis, air semakin habis, tambang dan pangan juga akan semakin habis, sehingga Negara kita yang terletak digaris equator dengan tingkat kesuburan yang memadai dan kekayaan sumber alamnya yang banyak akan menjadi bahan rebutan oleh Negara asing untuk diekploitasi, bahkan saat ini sudah terjadi.
Inilah makanya lanjut Harsono bahwa sebagai pemuda kalian harus memanfaatkan waktu sekarang ini untuk mencari ilmu, belajar sehingga dapat mengelola sumberdaya alam kita, menambah wawasan melalui kegiatan-kegiatan seperti ini sehingga paham akan kondisi yang akan dihadapi, hindari pergaulan bebas, pergaulan yang tidak menguntungkan apalagi justru menjebak adik-adik pada permasalahan criminal, hukum dan lain-lain.
Karena kelak anda-anda lah yang menjadi pemimpin bangsa ini, tidak menutup kemungkinan diantara kalian ada yang menjadi pejabat, wakil rakyat dan lain-lain yang berpotensi mengambil keputusan, sehingga keputusan yang dihasilkan akan bermanfaat bagi Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Muhammad Nas, SIP menanggapi kegiatan tersebut menyampaikan bahwa generasi muda adalah asset yang sangat strategis, sehingga perlu mendapatkan banyak wawasan sebagai bekal.
Karena dipundak merekalah tanggung jawab kepemimpinan negara dimasa yang akan datang, sehingga tidak ada kata lain kalau ingin mempertahankan Keselamatan Bangsa, Keutuhan dan Kedaulatan NKRI hingga akhir jaman, pemuda kita harus memiliki kesiapan yang memadai.
Wawasan Kebangsaan seperti ini adalah bagian dari Program Pembinaan Teritorial yaitu Pembinaan Sumberdaya Manusia sebagai potensi pendukung dalam kompartemen pertahanan Negara yang menganut Sistem Pertahanan Semesta. Tegas Muhammad Nas.  (sis24)  
 

Comment

Rekomendasi Berita