by

Dandim 0824 Jabat Inspektur Upacara HUT TNI Ke 71 Di Alun-alun Jember

Ziarah Nasional TMP Patrang bagian dari HUT TNI 71. [sis24/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, JEMBER – Acara diawali dengan pelaksanaan Ziarah Nasional di TMP Patrang dengan Inspektur Upacara Danyonif Raider 509/9/2 Kostrad Letkol Inf Beny Setiyanto, Komandan Upacara Kapten Czi Sumayar Danramil 0824/02 dan Pasukan Upacara dari Yonif Raider 509, Yonarmed 8/105 Tarik, Ma Brigif 9, Kodim 0824 dan Asn Hankam serta Persit Kck, selanjutnya seluruh peserta upacara menuju Alun-alun Jember untuk melaksanakan Upacara Kebesaran HUT TNI Ke 71.

Upacara Kebesaran HUT TNI Ke 71 di Kab Jember ini merupakan gabungan bersama Wilayah Kodim 0821 Lumajang, Kodim 0820 Probolinggo dan bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara HUT TNI Ke 71 Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Muhammad Nas, SIP, Komandan Upacara Kapten Arm Thomas RC dari Yon Armed 8/105 Tarik.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Jember dr Faida MMR, Wakil Bupati Drs Muqid Arif, Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif, Kajari Jember Sumartono, SH, Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf Imam Purnomo H, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf Hendhi Yustian serta para Dansat TNI se Kab Jember, Lumajang dan Probolinggo. 

Sambutan tertulis Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan oleh Letkol Inf Muhammad Nas pada intinya bahwa pada upacara yang dilaksanakan kita tampilkan seni dengan mengangkat kearifan lokal budaya, baca puisi, tari-tarian dan lain-lain.

Lebih Lanjut ditegaskan bahwa Upacara HUT TNI pada intinya sebagai laporan pertanggungjawaban TNI kepada masyarakat terkait pembangunan kekuatan TNI yang sudah dan sedang dilaksanakan, untuk itu thema pokok pada HUT ke 71 ini adalah “ Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat Mandiri dan Berkepribadian”.

Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat adalah bentuk aplikasi dari pertahanan semesta, TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada Bangsa dan Negara baik dalam bentuk Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), berbagai tugas tersebut telah dilakukan oleh TNI hingga melebihi panggilan tugas.

Makna thema HUT TNI tersebut adalah TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat, dan esensi kesejatian TNI tersebut tidak boleh pudar diera globalisasi yang berkembang secara dinamis.


Pada sambutannya Panglima TNI juga menekankan agar Prjurit TNI maupun PNS senantiasa mengedepankan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadinya, tindakan negatif sekecil apapun akan mengganggu dan merusak jatidiri TNI sebagai tentara rakyat, tentara nasional, tentara pejuan dan tentara profesional.

Kinerja dan prestasi optimal TNI yang telah mendapatkan penilaian positif dari masyarakat hendaknya dipertahankan bahkan ditingkatkan dimasa-masa mendatang, implementasinya bahwa prajurit Tni harus selalu peka terhadap permasalahan disekitarnya dan mengatasinya dengan turun kelapangan bersama masyarakat melalui bakti TNI.

Usai Upacara dilaksanakan acara tambahan Pemotongan Tumpeng yang diberikan kepada Prajurit yang akan melaksanakan Masa Persiapan Pensiun dari Kodim 0824 Serma Sudarminto, Penampilan pemenang Lomba Tari, Lomba Baca Puisi, Lomba Paduan Suara, Lomba Cipta Lagu dan pemberian hadiah serta panggung prajurit.

Sebelum acara tersebut Bupati Jember dr. Faida MMR berkenan menyampaikan sambutannya dengan mengucapkan “Selamat HUT TNI Ke 71” hingga saat ini kami pemerintah daerah banyak terbantu oleh TNI dalam melaksanakan kegiatannya, untuk itu kami atas nama pemerintah daerah maupun masyarakat Jember menyampaikan terima kasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI.


Selanjutnya Muhammad Nas saat diwawancarai terkait HUT TNI ke 71 ini menegaskan dengan senantiasa berpedoman bahwa TNI dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, Kodim selaku Satuan Teritorial siap melaksanakan kegiatan apapun bersama rakyat.

Selama 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu siap membantu kesulitan masyarakat disekitar, terkait dengan pertanian dan perekonomian di Jember Muhammad Nas menegaskan bahwa pertanian dengan pendampingan oleh Babinsa mampu memenuhi target yang telah ditentukan. (sis24)

Comment

Rekomendasi Berita