by

Komisi IX DPR RI Sosialisasi Integrasi Kampung KB

Ayub Khan, Anggota Komisi IX DPR RI saat kunjungan dan sosialisasi Integrasi Kampung KB.[Joko/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, JEMBER – Kunjungan Komisis IX DPR RI dari Fraksi Demokrat,  Ayub Khan di Desa Kencong Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Jatim, Rabu (5/10) mendapat sambutan hangat dari seluruh lapisan masyarakat Kencong. Kunjungan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan Program Integrasi Kampung Keluarga Berencana (KB). Sosialisasi Integrasi Kampung KB dihadiri anggota DPRD Kabupaten Jember dari Fraksi Gerindra, Marduan, Kepala Desa Kencong beserta Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Jember,  juga dari Dinas Kependudukan Kabupaten Jember.

Di hadapan masyarakat Kencong, Ayub Khan mengatakan,  semua program itu nantinya dari masyarakat untuk masyarakat dan kembali lagi ke rakyat. Ayub berharap program ini lebih dikenal. 

” Hari ini kita kasih kampung KB tapi tidak ada tindak lanjutnya jangan sampai itu terjadi. Suksesnya Program Keluarga Berencana bukan hanya tergantung dari pemerintaha saja melainkan pro aktif peran serta masyarakat juga menunjang suksesnya program tersebut.

Kunjungan Komisi IX DPR RI ini mendapat sambutan hangat dari Kepala Desa Kencong bahkan beliau sangat bersyukur ada Anggota DPR RI yang menyempatkan waktunya untuk berdialog dengan masyarakat Desa Kencong dan para kader KB lainnya. 
 
Suprihandoko, Kabid institusi dan peran serta masyarakat Kantor Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana saat dikonfirmasi perihal kunjungan anggota DPR RI dari Komisis IX menyatakan bahwa dengan kunjungan DPR RI di Jember menjadi susutau yang luar biasa bagi masyarakat Jember.
 
“Khususnya bagi kami yang bekerja dalam lingkup instansi Badan Pemberdayaan Perempuan dan keluarga Berencana. Sebab kunjungan beliau membawa dampak positif.” Ujarnya.

Sosialisasi Program Integrasi Kampung KB oleh Komisi IX DPR RI mempunyai dampak yang positif bagi kader KB dan seluruh element masyarakat sebab dengan terselenggaranya sosialisasi Integrasi Kampung KB,membuat pengetahuan masyarakat dan kader KB di Kabupaten Jember tentang manfaat KB menjadi bertambah sehingga diharapkan dengan adanya sosialisasi Integrasi Kampung KB mampu menstabilkan populasi penduduk di Kabupaten Jember. Sebab berdasarkan hasil pendataan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jember pada tahun 2016 ini mengalami peningkatan yaitu sekitar 2.600 ribu lebih,

Bila dibandingkan dengan tahun 2015 lalu yang hanya sekitar 2.590 ribu lebih namun peningkatan populasi penduduk Kabupaten Jember masih terlampau kecil dibandingkan dengan Kabupaten lain.

 
Habib Salim, Kabid Informasi dan Perkembangan Kependudukan Kabupaten Jember manambahkan, jumlah penduduk di Kabupaten Jember di tahun 2016 2,601 ribu. Kalau tahun 2015 kemarin masih 2,599 ribu. 
 
Sosialisasi Integrasi Kampung KB oleh Anggota DPR RI diharapkan tidak hanya sampai beberapa Desa melainkan di seluruh pelosok Desa. Namun suksesnya program Keluarga Berencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah maupun lesgislatif melainkan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.[JK]

Comment

Rekomendasi Berita