by

Pemerintah kabupaten Nias Barat Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, S.Pd menjadi Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila.[S.Gulo/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS BARAT – Pemerintah Kabupaten Nias Barat melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertempat di halaman kantor Bupati Nias Barat sabtu, (01/10)

Pada pelaksanaan upacara tersebut Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, S.Pd menjadi Inspektur Upacara yang diikuti oleh seluruh jajaran Pegawai Negeri Sipil pemerintah daerah, Anggota DPRD, unsur muspika serta sejumlah peserta upacara yang berkesempatan hadir pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut.

Bupati Faduhusi Daeli pada penyampaiannya mengatakan bahwa penghayatan dan pengamalan Pancasila adalah sikap patriot sebagai bangsa yang berdaulat.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, bahwa sejak Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tanggal 17 Agustus 1945 diprolakmirkan, namun pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan, baik dari dalam maupun luar negeri atas beberapa kali upaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara.

Menurut Bupati, Pancasila adalah harga mati yang harus dipertahankan dan diamalkan, bahkan dalam setiap perbuatan wajib dilaksanakan dan sebagai seorang warga Negara, sepenuhnya harus bertanggung jawab terhadap nilai-nilai pengorbanan Para Pahlawan yang telah berjuang dalam mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Pada pelaksanaan upacara tersebut, anggota DPRD Kabupaten Nias Barat Tawarikh Lombu, membacakan Ikrar Kesaktian Pancasila sebagai Dasar Negara, bahwa seluruh masyarakat Kabupaten Nias Barat bertekad mempertahankan Pancasila serta mengamalkan nilai luhur ideologi Pancasila sebagi sumber kekuatan menggalang kebersamaan serta berjuang menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (S.Gulo)

Comment

Rekomendasi Berita