by

Disdukcapil Kabupaten Nias Pelayanan Langsung Di Desa Lasara Botomuzoi

Penyerahan Akta Kelahiran oleh Disdukcapil untk anak terlantar di bawah umur di Kabupaten Nias.[Rinus/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias, gelar pelayanan langsung pengurusan dokumen kependudukan di Desa Lasara Botomozoi, Kecamatan Botomuzoi Kabupaten Nias Sumatera Utara yang dilaksanakan di Balai Desa Lasara, Kamis (30/03)

Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nias Martahani Desmaria Matondang, SH diwakili kabid Pelayanan pendaftaran Kependudukan Meiman Bismarck Zebua, SE bersama Kabid Capil Eliadin Zendrato, S.Sos, mengatakan bahwa, pelayanan langsung selama 3 hari (29-31 Maret 2017) di Desa Lasara Botomuzoi, bertujuan mendekatkan pelayanan kepada seluruh warga desa, mengingat jarak tempuh antara desa dengan kantor Disdukcapil yang mencapai 27 Km lebih.

“Pelayanan langsung di Kecamatan Botomuzoi di awali di Desa Simanaere Bot. serta beberapa desa tetangga lainnya seperti Desa Banua Sibohou, Mohili Berua dan Sisobahili Dola. Sementara untuk tahap II, yakni Desa Hiligodu Bot, Desa Ononamolo Talafu, Desa Talafu dan Desa Olanori Bot sedangkan tahap III (terakhir), yaitu di Desa Lasara Bot sekitarnya”, Jelas Kabid, Meiman Bismarck Zebua.

Selain pelayanan langsung pengurusan dokumen kependudukan, Disdukcapil Kabupaten Nias pada kesempatan tersebut, juga menyerahakan Akta lahir kepada Linda Yanti Lase yang merupakan saudara kandung dari Jernih Darmawati Lase pelajar SD Negeri Banua Sibohou warga Desa Lasara Bot dan dua orang adek kandungnya, seperti diketahui bahwa Jernih Darmawati Lase bersaudara adalah anak terlantar di bawah umur yang tidak memiliki dokumen kependudukan setelah 8 tahun lamanya ayah mereka meninggal dunia dan ibu entah kemana.

Sekretaris Desa Lasara Bot, Yanustinus Lase alias Ama Wawan atas nama masyarakat desa, mengapresiasi pelayanan langsung oleh Disdukcapil Kabupaten Nias yang mau turun langsung hingga ke desa, sehingga dokumen kependudukan yang selama ini tidak dimiliki oleh warga, dapat diurus langsung tanpa harus mendatangi Kantor Disdukcapil dan juga atas terbitnya Akta Lahir Jernih Darmawati Lase bersaudara yang merupakan anak terlantar di Desa Lasara Botomuzoi.

Sementara itu Camat Botomuzoi, Eliman Mendrofa, SE di ruang kerjanya kepada radarindonesianews.com juga menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil Kabupaten Nias, khususnya kepada warga desa di Kecamatan Botomuzoi, terlebih dengan diterbitkannya akta lahir Jernih Darmawati Lase bersaudara yang merupakan anak yatim piatu yang sebelumnya tidak memeiliki dokumen kependudukan seperti Kartu keluarga dan Akta Kelahiran. (Rinus)

Comment

Rekomendasi Berita