by

Ketika Puan Dekati Raja Salman

Puan Maharani.[Dok/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Apresiasi Presiden Jokowi terhadap kadatangan Raja Arab Saudi itu cukup tinggi. Dia langsung menyambut kedatangan kunjungan bersejarah itu langsung di Bandara Halim maupun di Istana Bogor, Rabu (1/3/2017).

Saat di Bandara Halim misalnya, Jokowi langsung menyambut di depan eskalator pribadi Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz di tangga pesawat.

Jokowi, yang mengenakan jas lengkap dan berpeci, langsung menyalami Raja Salman yang mengenakan ghurtah (penutup kepala) dan jubah berwarna cokelat dan juga sepatu coklat. Setelah itu, mereka tampak cipika-cipiki.

Setelah menyalmi Presiden Jokowi, Raja Salman bergerak menyalami Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan sejumlah pejabat yang hadir. Raja Salman kemudian terlihat bercakap-cakap dengan Presiden Jokowi.

Tak lama rombongan berangkat menuju Istana Bogor dengan mobil terpisah. Presiden Jokowi dan rombongan menteri anggota Kabinet Kerja tiba terlebih dahulu di Istana Bogor untuk menyambut Raja Salman.

Setiba di Istana Bogor, Presiden Jokowi dan sejumlah menteri kembali menyambut Raja Salman. Para menteri bergiliran bersalaman dengan Raja Salman. Ada Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto. Terlihat Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga tersenyum ramah kepada Raja Salman. Mereka semua bersalaman dengan Raja Salman.

Presiden Jokowi kemudian bercakap-cakap dengan Raja Salman. Di sela percakapan itu, seorang penerjemah membisikkan sesuatu kepada Raja Salman. Namun, tak jelas apa yang dibisikkan sang penerjemah kepada Raja Salman. Yang pasti, setelah itu Raja Salman memanggil seseorang dengan melambaikan tangannya.

Yang dipanggil, adalah Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Perempuan berkulit putih ini pun mendekat ke arah Raja Salman. Puan, yang mengenakan kerudung warna cokelat terlihat bercakap-cakap meski hanya sesaat.

Tak jelas, materi apa yang diperbincangkan Raja Salman dengan Puan, yang juga putri presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri ini.(Kab/Sug/TB)

Comment

Rekomendasi Berita