by

Berpotensi Rugikan Negara Rp.876.9 juta, Kejagung Didesak Panggil Menkominfo

Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi
RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi mendesak Kejaksaan Agung (Kejagung) memanggil Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Rudiantara terkait proyek jasa keamanan.

Sebab, berdasarkan penelusuran, proyek tahunan bernama ‘pekerjaan jasa keamanan kementerian komunikasi dan informasi’ itu ditemukan potensi kerugian negara sebesar Rp 876,9 juta dari total anggaran Rp 10,9 miliar dari tahun 2015 sampai 2017.

“CBA meminta kepada Kejaksaan untuk melakukan pemanggilan kepada menteri komunikasi dan informasi, dan juga Sekretaris jenderal kementerian komunikasi dan informasi,” tegas Uchok dalam keterangan pers, Kamis (11/5/2017).

Lebih lanjut, Uchok menjelaskan kejanggalan itu terlihat jelas dari kenaikan dana tiap tahun untuk proyek jasa keamanaan, tidak tanggung-tanggung lonjakan kenaikan terbilang tinggi.

Pada pahun 2015, nilai proyeknya sebesar Rp 2,6 milyar, kemudian pada tahun 2016, nilai proyeknya menjadi Rp 3,7 miliar. Artinya ada kenaikan Rp 1,1 miliar. Selanjutnya nilai anggaran pada tahun 2017 mencapai Rp 4,4 miliar.

“Memang kenaikan proyek ini dari tahun 2016 Ke tahun 2017, nilainya hanya sebesar Rp.669.8 juta Saja. tapi kenaikan ini, bukan hanya boros tapi sangat janggal,” jelasnya.

Tidak hanya sampai disitu, CBA juga menemukan kejanggalan pada perusahaan pemenang lelang dimana perusahaan dengan harga tinggi justru dipilih sedangkan perusahaan dengan harga paling murah diabaikan.[TPN]

Comment

Rekomendasi Berita