by

Jembatan Setan Di Paliyan Ambruk Diterjang Banjir

Jembatan Setan ambruk oleh terjangan banjir[Erni/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, GUNUNGKIDUL –  Bencana terjadi Rabu (29/11) di sekitar DIY akibat cuaca extrim beberapa hari terahir. Banyak korban harta fasilitas umum bahkan jiwa.

Tak luput juga fasilitas umum yang dijuluki warga sekitar “Jembatan Setan“ yang berada di Karangduwet Tahunan Paliyan yang menghubungkan Dusun Tahunan dengan Dusun Setro ambruk akibat tidak kuat menahan derasnya terjangan air yang juga meluap sampai pemukiman warga.

Jembatan setan tersebut adalah bantuan dari Jepang yang bahan besinya langsung didatangkan dari Jepang menggunakan kontainer dan di resmikan oleh Guburnur DIY. HAMENGKU BUWONO X pada 24 November tahun 2009 dengan nama ‘JEMBATAN FRIENDLY BRIDGE atas bantuan OSAKA FREFECTURAL GOVERNMENT OF JAPAN.

Jembatan tersebut hanya digunakan untuk pejalan kaki dan sepeda motor saja karena memang sempit tidak untuk roda empat.


Seoarang warga mengatakan jembatan ini disebut jembatan setan karena warga sering melihat penampakan-penampakan.
 
“Apa lagi kalau sudah sore jarang yang berani melewati jembatan ini. mendingan mutar jalan lain walau agak jauh.” tuturnya.
 
Namun begitu warga berharap jembatan ini bisa segera diperbaiki karena banyak membantu warga sebagai akses ke kebun mereka. Jembatan tersebut menurut warga, memiliki nilai sejarah persahabatan dari pelajar Jepang untuk wilayah Tahunan.[Erni]

Comment

Rekomendasi Berita