by

Dilema Ridwan Kamil, Terancam Batal Maju Pilgub

Ridwan Kamil.[Dok/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, BANDUNG – Bakal calon gubernur Jawa Barat dengan elektabilitas tertinggi, Ridwan Kamil, menghadapi kenyataan terancam batal diusung dalam Pilgub Jawa Barat. Penyebabnya, koalisi pendukung Ridwan Kamil rapuh setelah Partai Golkar menarik dukungan gara-gara urusan cawagub.

Kali ini ujian untuk Emil berlanjut saat dia harus menentukan cawagub yang rencananya akan diumumkan hari ini. Dua parpol pendukung Emil yaitu PPP dan PKB berebut posisi wakil gubernur, namun disertai ancaman akan menarik diri seperti Golkar.

PPP yang mendorong kadernya Uu Ruzhanul Ulum sebagai cawagub, menebar ancaman akan menarik diri karena PPP mengklaim mengusulkan cawagub sejak awal. PPP juga paling banyak mengantongi kursi dukungan dibanding PKB dan Nasdem.

Untuk diketahui, PPP punya 9 kursi, PKB 7 kursi, dan Nasdem 5 kursi. Akumulasi ini mengantongi 21 kursi dari syarat 20 kursi. Jika salah satu parpol menarik diri, maka pencalonan Emil batal, karena jalur independen sudah ditutup.

“Pada prinsipnya dukungan PPP kepada Emil disertai syarat cawagub dari kami. Ini bukan soal PPP-nya, namun soal kebutuhan kang Emil ke depan,” ucap Romahurmuziy, Senin (18/12).

Bagi Romi, Uu Ruzhanul yang juga Bupati Tasikmalaya, menghasilkan warna sosiologis pasangan yang melambangkan warna Jabar yang nasionalis-religius, dan memenuhi kebutuhan elektabilitas.

“Uu terbukti yang paling memenuhi ketiganya, bahkan berdasarkan survei paling mutakhir sekalipun,” terang Romy.[Kum]

Comment

Rekomendasi Berita