by

Pemkab Nias Gelar Festival Pesona Bahari Di Pantai Tagaule

Foto/Marinus/radarindonesianews.com
RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Nias ke-147 (04 Desember 1870 – 04 Desember 2017), Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH, membuka secara resmi Festival Pesona Bahari Nias di Pantai Tagaule, Kecamatan Bawolato, Kabupaten Nias, Jumat (01/12).

Ketua panitia Festival Pesona Bahari Nias tahun 2017, Drs. Kharisman Halawa, M.Si yang juga Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kabupaten Nias ke-147, Pemerintah Daearah Kabupaten Nias gelar Festival Pesona Bahari dengan tujuan mempromosikan pariwisata, khususnya Kabupaten Nias.

Kadis Pariwisata lebih lanjut mengatakan bahwa ada beberapa perlombaan yang dilaksanakan dalam festival ini, yaitu Lomba Voli Pantai, Lari pantai 5K, Festival Burung Berkicau, Lomba Dayung Perahu Tradisional, Kuliner Berbasis Seafood, Layang-layang ber-ornamen Nias serta Vokal Grup Lagu Nias Pulau Impian.


Selain itu, menurut Kharisman Halawa panitia Peringatan HUT Kabupaten Nias juga mendatangkan artis Ibukota, Seruni Bahar yang akan konser pada malam hiburan rakyat pada acara puncak peringatan hari jadi Kabupaten Nias ke-147 Tahun 2017 Senin malam, (04/12) di Lapangan Beringin Hiliweto Gido.

Selanjutnya, Wakil bupati Nias saat memberikan sambutan mengatakan, festival Pesona Bahari Nias 2017, merupakan langkah maju dan terobosan perdana dalam memepromosikan serta memeperkenalkan objek wisata unggulan Kabupaten Nias di kawasan “Bahari Soziona”.

Menurut Wakil Bupati, berdasarkan Perda Nomor 2 Tahun 2017 tentang Hari Jadi Kabupaten Nias, jatuh pada tanggal 04 Desember 1870, dimana peringatan yang akan dilaksanakan pada 04 Desember 2017, merupakan peringatan perdana sejak Kabupaten Nias lahir di bumi Indonesia.

Menyinggung pembangunan kepariwisataan di wilayah Kabupaten Nias, menurut Wakil Bupati, relatif tertinggal dibanding Kabupaten/Kota di wilayah lain di Provinsi Sumatera Utara, sehingga kondisi ini menjadi motivasi dan inspirasi pemerintah derah dan seluruh elemen masyarakat untuk terus melaksanakan event kepariwisataan sekaligus ajang promosi guna memajukan kepariwisataan Kabupaten Nias.

Pada akhir penyampaiannya, Wakil Bupati Nias mengucapka terimakasih kepada Gubernur Sumut melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara atas dukungan dan bantuan dalam penyelenggaraan kegiatan festival Pesona Bahari Nias 2017.

Pembukaan Festival Pesona Bahari Nias 2017 dihadiri Kapolres Nias, Sekda Kabupaten Nias, para pimpinan SKPD dan jajaran, Camat se-Kabupaten Nias, para Kades dan sejumlah utusan pemerintah Kabupaten/Kota se-kepulauan Nias serta para undangan dan sejumlah hadirin lainnya. (Rinus)

Comment

Rekomendasi Berita