by

Laurenzus Kadepa Minta Polda Papua Tangkap Penambang Liar

Laurenzus Kadepa, anggota DPRD Papua.[Musa Boma/radarindonesianews.com]
RADARINDONESIANEWS.COM, PAPUA – Pada tanggal 10 Agustus 2018, Forkopimda Papua secara resmi sudah melakukan kunjungan kerja ke Korowai lewat Tanah Merah Kabupaten Boven Digoel bersama Pj Gubernur Papua dan perintahkan semua aktivitas penambangan liar di Korowai dan Papua pada umumnya termasuk layanan penerbangan dari Tanah Merah Boven Digoel dan dari wilayah lain ke tempat pendulangan liar di Korowai juga tutup.
Pj Gubernur, Pangdam XVII Cenderawasih, Kapolda Papua (Forkopimda Papua) juga memerintahkan pemerintah daerah dalam hal ini Forkopimda Tingkat Kabupaten agar menjalankan perintah ini dan tegas.
Hal itu disampaikan oleh Laurenzus Kadepa Anggota Komisi satu DPR Papua kepada radarindonesianews.com, melalui sambungan telepon selurer Kamis (30/08/2018) terkait dengan laporan warga mengenai adanya pengusaha emas ilegal yang masih melakukan penambangan liar. 
Memang ada pengusaha yang keras kepala demi emas.  Saya minta dengan tegas Polda Papua segera tangkap penambang liar dan kroninya dipulangkan ke daerah asal. 
“Jika perusahan yang ada di tanah Papua itu ilegal maka harapan saya harus ditutup total dan ini PR bagi pemimpin daerah di Papua. Selanjutnya pemerintah daerah harus mampu berdayakan anak asli daerah untuk menjadi tuan di negeri sendiri dalam segala aspek.” ujarnya.
Semoga tambah Kadepa, semua pemimpin dan intelektual di Papua sadar akan hal ini. Ini langkah penyelamatan manusia dan tanah dari kepunahan. Pemimpin daerah dan intelektual jangan menjadi agen yang merusak tanah dan manusia sendiri.
Di tempat terpisah Ketua Dewan Adat Daerah Istimewa Tota Mapia Marten Petenety Iyai mendukung pernyataan Kadepa terkait penutupan perusahaan ilegal.
Ketua Dewan Adat meminta juga kepada semua pimpinan baik DPR Papua, Gubernur Papua, MRP Papua, semua Bupati yang ada di Papua lebih khusus wilayah Nabire hancur karena perusahaan ilegal maka segera berhentikan. [Musa Boma[

Comment

Rekomendasi Berita