by

Belum Ada Kejelasan Pasar Muntilan bisa Beraktifitas

RADARINDONESIANEWS.COM – Magelang Raya, Lokasi Pasar Muntilan belum ada kejelasan meski pembangunan telah Selesai. Ribuan pedagang hingga kini masih beraktivitas di pasar penampungan sementara di Desa Pucungrejo.
Sejumlah pedagang pun belum tahu kapan harus pindah menempati kembali di pasar baru itu. Dengan berkonstruksi tiga lantai, Pasar Muntilan dinyatakan selesai direnovasi pada pertengahan bulan Januari lalu dan masih tampak belum digunakan.
Saat ini belum ada informasi lagi, baik dari paguyuban atau dari pemerintah kabupaten,” ujar salah satu pedagang di Pasar Muntilan kepada Awak Media Jum’at (12/7/2019).
Sedangkan mengenai harga kios atau los pasar baru, seluruh pedagang juga belum tahu. Menurut isu yang berkembang, bagi yang telah mengantongi sertifikat (surat izin hak penempatan) akan diberi subsidi 25 persen.
Sedangkan Ketua Komisi ll DPRD Kabupaten Magelang, Hibatun Wafiroh, dalam hal ini meminta agar pemerintah daerah segera memindahkan pedagang dari aktivitasnya di pasar penampungan ke pasar baru.
Sebaiknya rencana pindahan pedagang ini jangan terkesan mundur terus. Penempatan kembali harus segera disiapkan secara matang agar tidak merepotkan pedagang. Selain itu berbagai kemungkinan adanya kendala juga harus diantisipasi,” tuturnya.
Diketahui, renovasi pasar tradisional terbesar di Kabupaten Magelang ini telah berlangsung selama dua tahun dengan dana APBD tahun 2017-2018. Berdasarkan kontrak awal, menghabiskan dana sebesar Rp 85.261.450.000. Karena ada tambahan pekerjaan untuk penyempurnaan, maka mengalami pembengkakan biaya menjadi sekitar Rp 93 miliar. 
Dengan luas area sekitar 21.900 meter persegi, Pasar Muntilan terdiri dari tiga lantai. Pada bagian lantai dasar digunakan untuk area parkir kendaraan. Sedangkan aktivitas pedagang berada di lantai satu, dengan 389 kios dan 747 los. Sedangkan di lantai dua terdapat 129 kios dan 718 los.(Agung Libas).

Comment

Rekomendasi Berita