by

Komandan Koramil Silo Kodim 0824/Jember Ngetrail Bersama Patroli Kawasan Hutan Lindung dan Kebun Diwilayah Kec Silo

RADARINDONESIANEWS.COM, JEMBER – Pada Selasa 30/07/2019 Pukul 08.00 Wib dilaksanakan Patroli Bersama Kawasan Hutan Lindung dan Perkebunan diwilayah Kec Silo Kab. Jember, yaitu di resort Baban dan kawasan perkebunan lainnya, sekaligus sosialisasi kepada masyarakat guna mencegah kebakaran hutan agar tidak membakar sampah atau daun – daun kering di sekitar kawasan hutan.
Ikur pada patroli bersama menggunakan sepeda motor trail terebut di antaranya dari Balai Taman Nasional Meru Betiri Andik S, Seksi pengelolaan Taman Nasional wilayah III Kalibaru Sulianto, Komandan Koramil 0824/07 Silo Kapten Arm M Ismuni, Perhutani KPH Baban BKPH Mayang Lelo Harahap, Sekretaris Kecamatan Silo, Perwakilan Polsek Silo dan lain-lain, masing-masing lengkap dengan sepeda motor trailnya.
Start dan finish di Kantor Resort Baban di Desa Pace Kec. Silo mereka berangkat menuju sasaran sambil sesekali mampir dilingkungan masyarakat, sambil sambang dan memberikan sosialisasi agar ikut melestarikan hutan, menghindari kerawanan kebakaran akibat membakar sampah sembarangan, serta hal-hal lainnya yang mengganggu kelesatiran hutan, sekaligus refreshing di lokasi-lokasi teduh dan indah disepanjang route yang dilewati.
Menurut Komandan Koramil 0824/07 Silo Kapten Arm M Ismuni saat diwawancarai disela-sela kegiatan menyampaikan, bahwa kita patroli bersama sambil ngetrail ini dalam rangka sosialisasi cegah dini bahaya kebakaran hutan, ilegal loging dan perburuan Satwa dalam hutan Taman Nasional, serta turut serta melestarikan kawasan Perhutani maupun Taman Nasional.
Kita bersama instansi terkait saat ini ada 13 orang ngetrail bareng berangkat dari resort Baban kemudian keliling menelusuri kawasan hutan lindung, perhutani dan kawasan Taman Nasional Meru Betiri sekaligus sambang tretan (mejenguk saudara) yaitu masyarakat pinggiran hutan agar menghindari hal-hal yang membahayakan kelesatrian hutan, serta menginformasikan apabila ada tindakan-tindakan yang membahayakan kelestarian kawasan hutan.
Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar saat kami konfirmasi terkait kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa jajaran memang sudah kita instruksikan agar sinergi bersama pihak terkait untuk menjaga kondosifitas wilayahnya masing-masing.
Hal tersebut tidak lain dalam rangka memperlancar proses pembangunan, karena kelancaran pembangunan pasti harus didukung oleh keamanan dan kondusifitas wilayahnya, termasuk kawasan hutan, karena pasti akan berdampak pada kehidupan masyarakat disekitarnya apabila terjadi kebakaran ataupun kerusakan kawasan hutan tersebut, untuk itu saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran dan semua pihak yang melaksanakan patroli bersama ngetrail bersama sekaligus sosialisasi pentingnya menjaga kelesatarian hutan. Tegas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)

Comment

Rekomendasi Berita