by

KPU Kabupaten Nias Tetapkan Kursi Dan Calon Terpilih DPRD Kabupaten Nias

Saat penandatanganan berita acara penetapan kursi dan calon terpilih DPRD Kabupaten Nias oleh para Komisioner KPU Kabupaten Nias

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Nias gelar rapat pleno terbuka penetapan kursi dan penetapan calon terpilih Anggota DPRD Kabupaten Nias pada pemilihan umum tahun 2019, bertempat di Grand Kartika Gunungsitoli, Sabtu (20/7).

Tampak dari pantauan awak media radarindonesianews.com hadir lengkap para Komisioner KPU Kabupaten Nias yaitu Ketua KPU Kabupaten Nias Firman Mendrofa, Elisati Zandroto, Iman Murni Telaumbanua, Sitori Mendrofa dan Dedi K. Bate’e.

Pada laporan Ketua Panitia pelaksana kegiatan, Yuniman Harefa mengungkapkan proses yang akan ditempuh usai penetapan kursi dan penetapan calon terpilih.

“Sebagaimana surat Mahkamah Konstitusi (MK) perihal bebas sengketa untuk jenis pemilihan umum anggota DPRD Kabupaten Nias. Penetapan ini akan segera ditindak lanjuti ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sumatera Utara,” beber Yuniman.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Nias, Warling Telaumbanua usai laporan Yuniman mengungkapkan sengketa ditingkat DPRD Provinsi dan DPD.

“Penetapan DPRD Kabupaten/Kota baru ada surat edaran dari KPU RI. Untuk Kabupaten Nias tidak ada laporan di MK, kecuali untuk DPRD Provinsi dan DPD,” ucapnya.

Lebih lanjut, Warling menuturkan jika pihaknya (Bawaslu Kabupaten Nias-red) telah dilaporkan di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Kami dilaporkan di DKPP, mungkin menurut mereka banyak yang tidak sesuai dengan apa yang telah kami lakukan,” tutur Warling dihadapan para peserta rapat.

Sebelum membuka rapat, Ketua KPU Kabupaten Nias Firman Mendrofa mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen.

“Kami berterima kasih kepada seluruh elemen yang telah mendukung kegiatan KPU Kabupaten Nias, terlebih kepada media yang telah mengabarkan tahapan pemilu dan kepada Polri yang telah menjaga keamanan sehingga semua dapat berjalan dengan baik. Atas seizin Tuhan dan seizin kita semua, maka rapat pleno terbuka saya buka secara resmi,” ucapnya disambut tepuk tangan dari peserta rapat.

Rapat kemudian dilanjutkan dengan penetapan kursi dan calon terpilih yang dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Nias Firman Mendrofa, disaksikan Bawaslu Kabupaten Nias, Partai Politik dan unsur Forkopimda. (Albert).

Comment

Rekomendasi Berita